Date Selasa, 29 July 2014 | 07:33 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

Zaldi Gantikan Jonimar Boer

Kamis, 30-05-2013 | 13:49 WIB | 418 klik

Padang, Padek—Zaldi Heriwan akhirnya menempati kursi almarhum Djonimar Boer di DPRD Sumbar yang kosong selama empat bulan. Sekretaris DPW Partai Bulan Bintang (PBB) tersebut, kemarin (29/5), resmi dilantik Ketua DPRD Sumbar Yultekhnil.

Yultekhnil mengaku proses keluarnya SK Zaldi Heriwan tergolong cepat. Zaldi awalnya akan ditempati di Komisi III yang ditinggalkan almarhum Djonimar Boer. Namun dengan mempertimbangan usulan dari DPW PBB serta mengacu pada tata tertib DPRD, akhirnya pria kelahiran Bukittinggi tersebut ditempatkan di Komisi IV.

Jika Zaldi telah ditetapkan, recall empat anggota dewan lainnya yang pindah partai belum keluar. Keempatnya; Bachtul dari PBR ke Nasdem, Supardi dari PPP ke Gerindra, Israr Jalinus dari PAN ke Gerindra dan Musmaizer dari Golkar ke Hanura. Khusus Ilson Chong, hingga kini belum menyerahkan surat pengunduran diri ke DPRD Sumbar.

“Kita hanya mengingatkan rekan-rekan agar tidak terganjal pada saat penetapan daftar caleg sementara (DCS) oleh KPU nanti, karena itu segeralah membuat surat pengunduran diri bagi yang belum,” ungkap politisi Demokrat tersebut.

Pelantikan Sekwan Belum Jelas

Di sisi lain, hingga kemarin Pemprov Sumbar belum juga memastikan kapan Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Sumbar defenitif akan dilantik. Padahal, Pemprov telah menerbitkan SK Syafruddin untuk mengisi jabatan fungsional di parlemen Sumbar tersebut.

“Beberapa hari setelah saya mendapatkan surat rekomendasi dari DPRD Sumbar yang memilih Syafruddin untuk mengisi jabatan Sekwan yang baru, SK-nya langsung saya keluarkan. Soal pelantikannya saya belum tahu, tapi itu akan diatur Sekda nantinya,” ujar Gubernur Irwan Prayitno usai pelantikan Zaldi.

Sementara Yulteknil, pelantikan adalah kewenangan Pemprov. (zul)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA