Date Jumat, 1 August 2014 | 00:35 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Olah Raga

Persiapkan 50 Pegulat, Targetkan Empat Emas

Sumbar Tuan Rumah Kejurnas Gulat

Jumat, 24-05-2013 | 12:13 WIB | 238 klik

Padang, Padek—Tahun ini Sumbar mendapat banyak kesempatan untu menggelar kejuaraan nasional. Salah satunya adalah kejurnas junior gulat yang akan diselenggarakan 4-8 Juni mendatang di SMPN 30 Padang. Direncanakan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno akan membuka langsung kejuaraan tersebut.

Sekretaris Pengprov PGSI Sumbar Ediswal mengatakan, sangat bangga kejuaraan ini bisa digelar di Padang. Pasalnya tidak banyak cabor di Sumbar yang menggelar Kejurnas. Apalagi ini momen bagi gulat Sumbar untuk lebih meningkatkan prestasi di ajang nasional maupun internasional. Pasalnya atlet yang meraih emas pada ajang ini dipastikan akan masuk radar PB PGSI untuk ditarik ke Pelatnas Prima Utama maupun PPLP Ragunan, dan dipersiapkan untuk kejuara Asia.

”Kami mempersiapkan 50 orang pegulat yang akan dibagi menjadi tim A dan tim,” tuturnya. Artinya, dari 24 kelas yang akan dimainkan, rata-rata Sumbar akan menurunkan dua pegulat pada masing-masing kelas.

Ediswal yang dihari senjanya masih aktif melatih para pegulat junior dan senior Sumbar ini menargetkan, anak asuhnya meraih empat medali emas. Bagi dia itu target yang realistis karena pada kejurnas tersebut, Sumbar bertindak sebagai tuan rumah. Yang secara otomatis, akan mendapat dukungan lebih besar dari para penonton ketimbang pegulat lain.

”Selain itu, pada kejuaaraan di Vietnam lalu, pegulat Sumbar mampu meraih dua emas dan satu perak. Jadi pada kejuaraan nasional ini tentu kami mesti membuat target yang lebih dari hasil di vietnam tersebut,” kata Ediswal.

Sementara itu Ketua Pelaksana Kegiatan Ilmarizal mengungkapkan kejuaraan ini mempertandingkan 25 kelas dengan kategori dua kelompok umur. Yakni kelompok yunior 17-20 tahun dan kelompok usia 14-16 tahun.

Sampai saat ini peserta yang telah mengkonfirmasi kedatangan mereka baru 12 daerah, diantaranya dari Pengprov PGSI Kalsel, PGSI Riau, PGSI Bali, PGSI Jateng, PGSI Bengkulu, dan PGSI Sumut.

Sumbar, sambung Ilmarizal, tak ingin alek ini berjalan serampangan, meskipun waktunya lumayan mendesak, karena PB PGSI baru memberikan amanah kurang dari satu bulan. (cip)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA