Date Selasa, 29 July 2014 | 07:32 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

42.786 Pemilih bakal Gunakan Hak Pilih di 117 TPS

Hari Ini, Kota Sawahlunto Memilih

Kamis, 16-05-2013 | 10:59 WIB | 736 klik
Hari Ini, Kota Sawahlunto Memilih

Calon wali kota dan wakil wali kota Sawahlunto

Sawahlunto, Padek—Hari ini, tanggal 16 Mei 2013, nasib Kota Sawahlunto ditentukan dalam pesta demokrasi lima tahunan. Hari ini, puncak dari pemilihan kepala daerah (Pilkada) akan berlangsung. Sekitar 42.786 warga Sawahlunto yang berhak memilih sesuasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sawahlunto.

Berdasarkan catatan Padang Ekspres sesuai dengan keterangan Ketua KPU Kota Sawahlunto Mardhatillah dari jumlah itu, di Kecamatan Silungkang tercatat 7.532 pemilih, Kecamatan Lembahsegar sebanyak 9.443 pemilih, Kecamatan Barangin sebanyak 13.151 dan Kecamatan Talawi sebanyak 12.676 pemilih. Mereka akan memilih di 117 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 37 kelurahan pada empat kecamatan.

Lima pasang calon yang akan dipilih masyarakat Sawahlunto itu adalah pasangan Calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Sawahlunto, Ali Yusuf dan Ismed dengan nomor urut 1. Pasangan Irwan Husein-Dasrial Eri dengan nomor urut 2, Pasangan Erizal Ridwan-Emeldi yang mendapat nomor urut 3 dan pasangan Taufik Syamsir-Nasirwan bernomor urut 4 dan terakhir pasangan nomor urut 5, Fauzi Hasan-Deri Asta.

Pasangan Ali Yusuf-Ismesd diusung koalisi partai Demokrat, PKPI dan PKS, Pasangan Irwan Husein-Dasrial Eri, diusung koalisi PDI. Perjuangan, Gerindra dan Partai Hanura. Sedangkan pasangan Erizal Ridwan-Emeldi diusung Partai Golkar-PPP.

Sementara pasangan Taufik Syamsir-Nasirwan maju dari jalur independent dengan dukungan fotokopi KTP sebanyak 4.179 lembar. Dan, pasangan Fauzi Hasan-Deri Asta diusung koalisi PAN dan PDP.

Pilkada Sawahlunto yang akan berlangsung hari ini akan menjadi patokan dan tolak ukur Pilkada di Sumbar tahun 2013. Hal ini disebabkan, karena sepanjang tahun ini, ada 4 Pilkada yang akan digelar berdekatan, yaitu Pilkada Sawahlunto, Pilkada Padangpanjang, Pilkada Padang Pariaman dan Pilkada Padang.

Bagi Partai Politik, Pilkada ini juga menjadi momentum untuk mengukur kinerja mesin politik. Seperti yang dikatakan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Marzuki Alie. “Bagi partai, pilkada bermakna penting untuk mengukur kinerja partai politik untuk target di 2014,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Ratusan Polisi Dikerahkan

Sebanyak 800 personel kepolisian akan dikerahkan untuk mengamankan pelaksanaan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sawahlunto. Demikian dikatakan Kapolres Sawahlunto, AKBP M. Syafrial.

Syafrial mengatakan, pihaknya juga telah mengawal pendistribusian logistik ke 117 TPS yang tersebar di 37 kelurahan pada empat kecamatan. Kepolisian telah menurunkan enam unit kendaraan dari Polres dan dua unit dari Polda Sumatera Barat.

“Kita sudah salurkan surat suara ke PPS di 117 TPS dengan kawalan pihak polisi,” ujar Ketua KPU Sawahlunto, Mardhatillah. Sementara itu, surat undangan memilih kepada masyarakat dan daftar pemilih tetap (DPT) kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS), menurut Mardhatillah, juga telah didistribusikan. (*)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA