Date Selasa, 29 July 2014 | 13:39 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Olah Raga

PSM Makassar Vs Semen Padang FC

Rebut lagi Puncak

Minggu, 05-05-2013 | 06:15 WIB | 1068 klik
Rebut lagi Puncak

Semen Padang FC ketika latihan stadion Andi Mattalatta, Makassar

Padang, Padek—Mendapatkan tiga poin absolute saat dijamu PSM Makasar di stadion Andi Mattalatta, hari ini (5/4), merupakan satu hal penting bagi Semen Padang FC. Pasalnya, kemenangan akan mengembalikan Kabau Sirah ke puncak klasemen sementara Indonesia Premier League (IPL) 2013, yang kemarin direbut Perseman Manokwari setelah bermain imbang dengan Pro Duta Medan, 1-1.

Saat ini Hengki Ardiles dkk berada diperingkat kedua klasemen dengan poin 16, hasil dari lima kali menang dan sekali imbang. Jumlah tersebut berbeda satu poin atas Perseman Manokwari. Hanya saja, tim asal Papua itu sudah memainkan dua pertandingan lebih banyak dari Semen Padang FC.

“Terlepas ingin kembali merebut posisi puncak, pada setiap laga yang kami mainkan, targetnya akan selalu sama, poin maksimal,” sebut pelatih kepala Semen Padang FC Jafri Sastra, saat Padang Ekspres hubungi via ponsel, Sabtu (4/5).

Meraih poin maksimal di Makasar, jelas bukan satu hal yang mustashil. Apalagi jika melihat posisi di klasemen saat ini. Di mana, PSM Makasar berada di peringkat sembilan dengan poin sembilan, hasil dari tiga kali menang dan empat kali kalah.

Modal lain Semen Padang FC adalah hasil impresif yang baru saja mereka raih pada kompetisi level Asia, AFC Cup. Di mana mereka lolos ke babak 16 besar tanpa sekalipun tersentuh kekalahan dalam enam laga penyisihan grup E. Mereka mencatat lima kemenangan dan satu imbang.

Di kompetisi lokal, Semen Padang FC juga belum sekalipun terkalahkan. Dalam dua laga tandang yang telah dimainkan, anak asuh Jafri Sastara meraih satu kemenangan dan satu hasil imbang.

Dari sisi materi pemain, duet pelatih Suhatmanan Iman dan Jafri Sastra pun dapat menurunkan amunisi terbaiknya, kecuali Novan Setya Sasongko. Bek kiri tersebut sedikit bermasalah dengan engkel kaki kirinya. Kemungkinan besar, Ricky Akbar Oharella yang tampil impresif pada laga terakhir Kabau Sirah 1 Mei lalu, akan menggantikan peran Novan.

Sementara itu, PSM Makasar terancam tidak dapat diperkuat empat pemain andalannya, yakni M Rahmat, Satrio Syam, Cristian Febre, dan Andi Odang. Mereka dikabarkan terkena cidera. “Itu hanya di pemberitaan. Kami tak bisa mempercayainya. Kami akan tetap mempersiapkan tim secara all out. Anak-anak pun sudah kami minta untuk tampil maksimal,” sebut Direktur Teknik Semen Padang FC Suhatman Imam yang dihubungi terpisah.

Tapi bagaimanapun, tim yang kini di sponsori Semen Indonesia ini tetap harus waspada. Pasalnya, PSM Makasar juga memiliki catatan kandang yang baik. Di mana, tiga kemenangan yang diraih tim Juku Eja itu, semuanya didapat di kandang sendiri.

“Tentunya kami harus waspada dengan hal tersebut. Bermain tandang tak semudah di kandang. Tapi yang jelas, kami bermain untuk mencari menang. Mudah-mudah bisa tercapai,” ungkap Jafri Sastra.

Sementara itu, berdasarkan informasi dari media officer Semen Padang FC Ronny J Suhatril, pelatih Kepala PSM Makasar Petar Segrt sangat mewaspadai kekuatan yang kini dimiliki Semen Padang FC. Menurutnya, Kabau Sirah adalah tim terkuat di Indonesia saat ini. Terlebih dengan belum terkalahkannya Semen Padang FC di Liga ataupun di Piala AFC.

“Besok (hari ini) adalah pertandingan yang sangat bagus. Kami melawan tim yang kuat. Namun dengan bermain di kandang sendiri, kami akan berusaha menampilkan yang terbaik untuk mencapai hasil maksimal” ujar Petar, dalam sesi press conference, kemarin. (*)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA