Date Kamis, 24 July 2014 | 01:16 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

62 Pemuda Seleksi PPAN

Selasa, 16-04-2013 | 14:15 WIB | 280 klik

Padang, Padek—Mulai kemarin Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar menseleksi kurang lebih 62 pemuda Sumbar untuk dapat mengikuti program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) 2013 ini. Seleksi tersebut akan berlangsung hingga 18 April mendatang.

Para peserta terdiri dari unsur mahasiswa, organisasi kepemudaan dan pemuda nagari. Untuk tahun ini Pertukaran Pemuda Antar Negara akan berlangsung antarai Indonesia-Kanada, Indonesia-Asean dan Jepang, Indonesia-Malaysia, Indonesia-Korea, dan Indonesia-Cina.

Khusus untuk program Indonesia-Cina, sesuai dengan kebijakan dari Kemenegpora RI peserta putra tidak melalui seleksi tetapi memilih peserta tahun lalu yang tertunda keberangkatannya. Sedangkan putri dipilih dari PNS Bidang Kepemudaan Dinas atau Badan yang menangani Kepemudaan.

Seleksi yang akan dilalu para pemuda Sumbar tersebut adalah ujian tulis, wawancara, dan pertunjukkan seni dan budaya. Untuk ujian tulis Agama, psikologi, Bahasa Inggris (toefl) berupa essay test, wawancara, komunikasi berupa interview, seni dan budaya serta akademik berupa diskusi, debat dan dynamic grup.

Seleksi ini dibuka secara resmi oleh Kadispora Sumbar, Priadi Syukur, kemarin (15/4) di di Gedung Pramuka Sumbar. “Saya berbangga pemuda yang ikut seleksi tidak saja dari Padang tetapi berdatangan dari berbagai kabupaten/kota. Bagi yang sudah ikut dua atau tiga kali jangan putus asa. Bagi tim seleksi saya berharap memilih yang betul-betul berkualitas. Kuncinya tidak ada titipan atau katabelece,” tuturnya.

Harapan Priadi Syukur, sekembalinya menjadi duta “merah putih”, para pemuda diharapkan bisa menjadi tokoh Minang. Pada kesempatan tersebut, hadir juga Ketua Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) Sumbar Yuli Herman. Ia meminta peserta jangan pernah patah semangat. “Pemuda tangguh itu tidak ada di kamusnya kata patah semangat,” ingatnya.

Dari sekitar 62 pemuda yang ikut seleksi itu untuk pertukaran Indonesia-Kanada mendaftar 21 orang, Indonesia-Asean dan Jepang mendaftar 15 orang, Indonesia-Malaysia mendaftar 16 orang, Indonesia-Korea mendaftar 10. Hanya saja masing-masing pertukaran tersebut dipilih satu orang. (cip)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA