Date Jumat, 1 August 2014 | 10:44 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

Depot Air Minum Perlu Ditertibkan

Senin, 01-04-2013 | 13:09 WIB | 323 klik

Pasbar, Padek—Banyaknya depot air minum di Pasaman Barat (Pasbar) harus menjadi perhatian pemerintah setempat. Pasalnya, tidak tertutup kemungkinan banyak air minum itu yang tidak bersih diedarkan oleh pengelola usaha air minum tersebut. Diharapkan masyarakat agar selektif memilih air yang sehat.

Menurut Sekretaris Asosiasi Pengelola Depot Air Minum Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Elvi Sukaisih, mengatakan masyarakat harus selektif memilih depot air minum yang sehat. Ketergantungan masyarakat akan air isi ulang cukup tinggi. Masyarakat diminta agar selektif melihat mana depot yang hegienis dan memiliki izin yang jelas sehingga tidak menimbulkan penyakit.

“Konsumsi air isi ulang saat ini sangat banyak dimintai masyarakat. Dibandingkan dengan memasak air sendiri di rumah. Maka dihimbau masyarakat agar jeli melihat air yang sehat,” kata Elvi Sukaisih kepada Padang Ekspres di Simpangampek, Minggu kemarin.

Dikatakan, dengan air isi ulang yang lebih praktis dan siap saji masyarakat cendrung mengabaikan kebersihan depot tersebut. Depot air isi ulang harus memiliki izin yang jelas dari Dinas Kesehatan dan memiliki uji kebersihan. Sekitar 93 depot air minum sudah ada di Pasbar. Namun tidak semuanya memiliki izin resmi yang jelas.

Maka, ke depan agar tidak terjadi kekeliruan yang terjadi bagi konsumen. Dinas Kesehatan harus kembali mendata depot air minum yang memiliki izin dengan memeriksa kehegienis air yang disediakan. Hal ini sangat penting dilakukan sebagai bentuk antisipasi preventif mencegah keracunan pada air yang disediakan.

“Memang depot air minum itu banyak masyarakat yang memanfaatkannya. Karena praktis, hegienisnya sangat perlu diperhatikan,”katanya.

Zulkifli, 34, warga Simpangampek mengatakan, pada prinsifnya, kehadiran asosiasi depot air minum yang ada di Pasbar memang harus memberikan bantuan kepada pemerintah untuk membina depot air minum. Sehingga pelayanan kesehatan bagi masyarakat dapat terpenuhi dengan baik.

“Depot air minum yang tidak memiliki izin harus ditertibkan. Jangan ada dulu konsumen yang dirugikan baru ditertibkan,”kata Zul (roy)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA