Date Selasa, 29 July 2014 | 03:29 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Pendidikan

Kadisdik: UAS-BK Baru Pemanasan

SDN 46 Pemuncak, SDN 42 Juru Kunci

Sabtu, 23-03-2013 | 12:46 WIB | 504 klik

Payakumbuh, Padek—SD Negeri 46 Payakumbuh di Kelurahan Sawahpadang, Kecamatan Payakumbuh Selatan, berhasil meraih nilai tertinggi, dalam Ujian Akhir Sekolah Bersama Kota (UAS-BK) tingkat SD/MI yang diikuti 75 sekolah negeri dan swasta di Payakumbuh.

Ini diketahui Padang Ekspres setelah Kepala Dinas Pendidikan Hasan Basri menyerahkan hasil UAS-BK kepada 75 kepala SD dan MU, Kamis (21/3) lalu. Acara itu juga dihadiri Kabid TK/SD Zetriwardi, para kepala UPTD Pendidikan dan pengawas.

Menurut Hasan Basri, SDN 46 Payakumbuh di Sawahpadang, berhasil menjadi pemuncak pertama, setelah siswa-siswinya memperoleh nilai rata-rata 9,32. Dengan rincian, bidang studi Agama 9,2 dan PKN 9,71. Sedangkan IPS, rata-rata 8,9.

Bagi keluarga besar SDN 46, peringkat pertama UAS-BK di Payakumbuh bukan lagi sesuatu yang membanggakan. Karena dalam tiga tahun terakhir, sekolah yang dipimpin Wandri SPd ini, memang selalu berada pada peringkat pertama.

Sementara, posisi kedua hasil UAS-BK SD tahun ini, diperoleh SDN 49 Payakumbuh yang berada di Balaipanjang, Payakumbuh Selatan dengan nilai rata rata 9,08. Peringkat ketiga, diraih SDN 17 Payakumbuh di Bunian. Sekolah yang dipimpin Ermawati ini, memperoleh nilai rata-rata 8,88.

Adapun peringkat keempat, ditempati SDN 59 Payakumbuh di Pakan Sinayan. Sekolah dipimpin Marizon Neldi S.Pd ini, peroleh nilai rata-rata 8.87. Disusul, SDN 39 Payakumbuh di Labuahbasilang pimpinan Amsar SPd dengan nilai rata-rata 8,79.

Sedangkan peringkat enam, ditempati SDN 04 Payakumbuh di Labuah Baru. Sekolah yang dipimpin Farida S.Pd ini, memperoleh nilai rata-rata 8,74. Peringkat ketujuh, ditempati SDI Raudhatul Jannha, dengan nilai rata-rata 8,69.

Peringkat kedelapan, diraih SDN 40 Payakumbuh di Kelurahan Tanjuanggadang. Sekolah yang dipimpin Heru Purwanto S.Pd ini, baru pertama kali masuk 10 besar, dalam tiga tahun terakhir. Dengan nilai rata-rata 8,66.

Adapun peringkat kesembilan, diperoleh SDN 02 Payakumbuh di Balai Nan Duo, pimpinan Nelwati S.Pd, dengan nilai rata-rata 8,60. Sedangkan peringkat kesepuluh, diraih SDN 60 Payakumbuh di Kubu Gadang pimpinan Erva Yora, dengan nlai rata rata 8,59.

Dengan demikian, dari 10 SD yang masuk peringkat 10 besar UAS-BK tahun ini, 6 SD berada di wilayah kerja UPTD Pendidikan Payakumbuh Barat dan Selatan. Sedangkan, 4 SD berada di wilayah UPTD Payakumbuh Utara.

Sementara, SD-SD yang berada di Payakumbuh Timur, belum berhasil masuk 10 besar, hasil UAS-BK tahun ini. Malahan, SDN 42 Payakumbuh di Bodi, Aiatabik, harus rela menjadi juru kunci, satu tingkat di bawah SD Islam Al-Azhar.

Kepala Dinas Pendidikan Payakumbuh Hasan Basri, mengapresiasi nilai UAS-BK yang dicapai masing masing SD. ”Dari rata-rata nilai, semua sekolah, sudah cukup bagus. Tapi kepala sekolah dan guru jangan merasa puas dulu,” ucapnya.

Hasan yang fokus mengurus pendidikan dan tidak mau bermain-main ke ranah politik praktis, menyebut, UAS-BK sebagai sebuah pemanasan. ”Ibarat pertandingan, ini baru pemanasan dan uji coba. Finalnya, nanti di bulan Mei, berupa Ujian Nasional. Sekolah, harus fokus ke sana,” ujarnya.

Terpisah, salah seorang kepala SD di Payakumbuh Yusrizal, mengaku termotivasi melihat hasil UAS-BK.

Dalam rentang waktu satu setengah bulan ke depan, sekolah yang dipimpinnya, akan mendisiplinkan schedule kerja, untuk meningkatkan hasil UN. ”Sesuai pesan Kadisdik, kita akan manfaatkan semua potensi yang ada di sekolah. Tentunya dengan meningkat kerjasama warga sekolah dan orang tua,” kata Yusrizal yang termasuk tokoh perintis Balai Wartawan Payakumbuh. (*)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA