Date Sabtu, 2 August 2014 | 11:29 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

Railbus Diuji Coba, Rel Bermasalah

Jumat, 22-03-2013 | 14:18 WIB | 414 klik

Padang, Padek—Setelah tiga bulan ngetem di Padang, Direktorat Jenderal Perkeretaapian (Ditjen) melakukan uji coba railbus, kemarin (20/3). Dalam uji coba dengan rute stasiun Lubukalung-Padang itu, belum berjalan mulus karena masih bermasalah pada relnya.

Manajer Humas PT KAI (Persero) Divre II Sumbar Romeyo mengatakan, uji coba diadakan Ditjen Perkeretaapian. Selain uji coba railbus, sekaligus mencoba rel yang akan dilalui.

“Awalnya rute railbus ini untuk ke bandara. Tapi dalam uji cobanya, kita memakai rute Lubukalung-Padang. Dari evaluasi kita, relnya masih bermasalah. Kita akan koordinasi dengan Dinas Perhubungan Sumbar untuk mencari solusinya,” ujar Romeyo.

Secara umum, uji coba railbus tidak ada mengalami kendala berarti. Hanya masalah kecepatan railbus yang belum maksimal karena banyaknya perlintasan liar.

“Untuk kondisi railbus tidak ada permasalahan. Hanya, railbus tidak bisa melaju maksimal karena kondisi rel tidak mendukung dan banyak perlintasan liar. Kecepatan railbus hanya 25 hingga 30 km/jam. Harapan kita railbus melaju hingga 40 km/jam,” kata Romeyo.

Kepala Dinas Perhubungan Sumbar, Mudrika menerangkan, uji coba kelayakan railbus dan rel akan dilakukan lagi dengan memakai penumpang pada awal April nanti. Hasil uji coba ini dikirim ke Ditjen Perkeretaapian untuk memastikan izin operasi railbus.

“Uji coba ini untuk mendapatkan kepastian izin. Dengan begitu, kita bisa segera menentukan rutenya dan biaya tiket yang akan ditetapkan,” jelas Mudrika. (cr3)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA