Date Senin, 28 July 2014 | 11:12 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Olah Raga

Persepak Tembus Divisi I PSSI

Selasa, 05-02-2013 | 12:42 WIB | 1066 klik

Payakumbuh, Padek—Tim Persepak Payakumbuh dipastikan lolos ke putaran kedua kompetisi Divisi II PSSI sekaligus promosi ke Divisi I PSSI. Kepastian itu disampaikan Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi kepada Padang Ekspres, Senin (4/2). siang.

”Tadi malam, saya menerima kabar dari Jakarta, anak-anak Persepak yang sedang mengikuti putaran kedua kompetisi Divisi II PSSI, berhasil promosi ke Divisi I. Saya sungguh senang dan bangga. Seluruh pemain, pelatih dan manger tim pantas diberi penghargaan,” ucap Riza Falepi.

Wali Kota yang ‘gila’ olahraga itu mengatakan, prestasi yang diukir Persepak, menambah motivasinya untuk membangun stadion sepakbola di Payakumbuh. ”Saya akan berjuang keras untuk membuat gol dalam membangun stadion, sebagai hombase-nya Persepak. Mimpi saya, Persepak harus tampil dalam kompetisi tertinggi, Divisi Utama atau Liga Indonesia,” kata Riza.

Persepak Payakumbuh sendiri ke Divisi I PSSI, setelah memetik kemenangan kedua saat melawan Persekap Kapuas, Kalteng, 3-2 (0-1) di lapangan Yon Zikon 14 Jakarta, Minggu (3/2). Kemenangan ini menjadi penentu, karena jika kandas melawai tim terbaik Kalimantan itu, Persepak akan berada di urutan keempat dan pupus harapannya naik Divisi I.

Pertemuan antara Persepak dengan Persekap, menurut pelatih Persepak Fendi Sutan Sulaiman, berlangsung cukup seru dan menegangkan. Persepak sempat ketinggalan 0-1, saat gawang Persepak dibobol Yoyon Apriyono, pemain depan Persikap menit ke-17.

Meski anak-anak Kota Batiah terus melancarkan serangan, tapi gagal dalam penyelesaian akhir. Permainan Persepak baru terlihat berkembang, setelah pemain depannya Yusril, menyamakan kedudukan menjadi 1-1, hanya satu menit setelah babak kedua dimulai.

Gol dari kaki Yusril itu, benar-benar memecah kebuntuan Persepak. Bahkan ada menit ke-74, striker Persepak Angga, berhasil membalikkan keadaan menjadi 2-1. Lima menit kemudian, gilian Putra merobek gawang Persikap, hingga Persepak unggul telakm 3-1. Tapi, dimasa injuri time, Persikap berhasil memperkecil kekalahannya, setelah Tandum Kurnia mampu menciptakan golnya.

Di Grup C Divisi II PSSI sendiri, tampil sebagai juara tim Villa 2000 Jakarta dan Persekap Kapuas sebagai runner up. Sedangkan Persepak hanya menempati peringkat III grup, setelah mencatat 2 kemenangan dengan nilai 6. Sebelumnya, Persepak menang 2-1 atas PLN Jambi. Sedangkan, dua kekalahan lainnya, dialami Persepak, saat berhadapan dengan Villa 2000 (1-2) dan PS Jakarta Selatan (0-2).

Terpisah, Manager tim Persepak Zul Arman dan Ketua Pengkot PSSI Payakumbuh Tri Venindra, mengatakan, Persepak akan mengikuti kompetisi Divisi I PSSI, sekitar Maret atau April mendatang. ”Ini tantangan pengurus untuk membenahi tim yang ada sekarang, meski pendayung (dana, Red) Persepak minim, dukungan warga kota sangat diharapkan,” kata mereka.

Disisi lain, pengamat sepakbola Payakumbuh Purwanto dan Zul Hanafi, mengapresiasi lolosnya Persepak ke Divisi II PSSI. ”Ini sebuah kejutan dan mengembirakan. Harapan kita, jangan sampai terulang peristiwa tahun 2009 lalu. Waktu itu, Persepak lolos ke Divisi II PSSI. Ketika akan bertarung di Medan, anak-anak Persepak batal berangkat, karena ketiadaan dana,” ucap Purwanto dan Zul Hanafi.

Purwanto yang pernah menukangi Persepak juga berharap, agar kepengurusan Persepak kembali diaktifkan.

”Selama ini, Persepak masih terkesan berada di bawah Pengkot PSSI. Ke depan, agar lebih profesional, selain didukung oleh Pengkot PSSI, perlu juga didukung dengan kepengurusan yang profesional. Bagaimanapun, persoalan dana nanti akan menjadi masalah,” kata Purwanto pula. (frv)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA