Date Kamis, 24 July 2014 | 00:55 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

Mantan Kadishub Pasbar Segera Diadili

Sabtu, 05-01-2013 | 13:27 WIB | 429 klik

Padang, Padek—Satu per satu kasus korupsi di Pasaman Barat mulai disidang. Kemarin (4/1), Kejari Simpangempat mendaftarkan kasus korupsi mantan kepala Dinas Perhubungan dan Informatika Pasbar, Wendri Azma, terkait pengadaan kapal penumpang pada tahun 2009 ke Pengadilan Tipikor Padang.

Kasus ini merugikan negara sekitar Rp 656 juta. Berkas kasus korupsi ini dipisah (displit). Berkas pertama atas nama tersangka Wendri Azma dan tersangka Dondi Asmi, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Dana Alokasi Khusus (DAK) di Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Pasbar. Berkas kedua dengan atas tersangka Chairul Cader, rekanan pengadaan kapal dari CV Nadira.

Staf Pengadilan Tipikor Padang, Syahril mengatakan, usai didaftarkan, ketua PN Padang akan menetapkan majelis hakim dan jadwal pelaksanaan sidangnya.

Hasil penyidikan kejaksaan, pengadaan kapal penumpang tahun 2009 sebesar Rp 656.117.000 yang seharusnya dibeli baru, ternyata dibeli kapal bekas. Hasil pemeriksaan Adpel (Administrasi Pelabuhan) Teluk Bayur Padang, kapal bekas itu tidak layak melaut dan tidak memiliki dokumen kelengkapan sebagaimana mestinya. Para tersangka dijerat Pasal 2 Ayat (1), Pasal 3 dan Pasal 9 jo Pasal 18 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. (bis)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA