Date Senin, 28 July 2014 | 11:13 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Ragam Info

Liburan di Rumah saja

Rabu, 02-01-2013 | 12:06 WIB | 1952 klik
Liburan di Rumah saja

MODEL: Lisa (Mhs Politeknik Negeri Padang) Fotografer: Iwan

Hola…eh, halo… tepat hari ini, Rabu, 2 Januari 2013 adalah hari pertama kembali ke sekolah untuk para sobeX yang sekolah di Kota Padang. Untuk beberapa daerah lainnya di Sumatera Barat, mungkin hari ini baru akan memulai liburan ya? Ehehehe

Nah, cerita tentang liburan memang tidak ada habisnya sobeX. Saat di sekolah, hal pertama yang akan ditanya teman sobeX biasanya adalah, “Liburan kemana?” “Ngapain aja selama liburan?”. Iya kan sobeX? Nah, jadi tidak ada salahnya juga kan kalau sobeX mau berbagi cerita mengenai pengalaman liburan sobeX kepada Xpresi. Eits eits, Xpresi tidak menanya yang liburan ke luar kota, ke kampung atau ke objek wisata nih, tapi khusus untuk sobeX yang hanya berliburan di rumah saja. Ingat, garis bawahi ya, khusus untuk yang berliburan di rumah saja.

Apakah berliburan di rumah saja membuat sobeX bosan? Soalnya ya hanya bisa tidur-tiduran, menonton televisi, membersihkan rumah dan kalaupun mau pergi main, ya mainnya masih di sekitar rumah juga kan. Ternyata tidak!. Para sobeX di bawah ini malah bisa mengakali liburan singkat di rumah mereka dengan berbagai kegiatan seru.

Seperti Sri Ayu Ningrat, gadis manis berkulit sawo matang ini menuturkan bahwa dirinya hanya menghabiskan liburan di rumah saja. “Ya cuma di rumah saja, sambil membantu ibu mengasuh adik yang masih kecil dan juga membaca-baca novel,” tuturnya.

Ayu yang masih bersekolah di SMPN 13 Padang ini juga mengatakan bahwa dia berulang tahun beberapa hari sebelum penerimaan rapor. Atas ulang tahunnya tersebut, seorang abang sepupunya memberikan Ayu kado dua buah novel remaja. “Nah, selama liburan di rumah, kedua novel itu yang aku lahap di rumah. Jadi meski liburan di rumah saja, rasanya tidak membosankan karena aku menghabiskan waktu dengan banyak membaca.”

Banyak membaca! Cara ini pula yang digunakan oleh Amel. Senior Ayu di SMPN 13 Padang ini juga menghabiskan waktu liburannya di rumah dengan banyak membaca-baca novel dan komik. “Aku baca novel dan komik punya kakakku yang baru masuk kuliah. Memang tidak semua novel dan komik yang kubaca, tapi paling tidak, rasanya seru sekali menghabiskan waktu liburan dengan dikelilingi novel dan komik, setelah satu semester hanya dikelilingi dengan PR, buku latihan dan buku pelajaran.”

Tak hanya dengan membaca, ada pula sobeX yang menghabiskan waktu liburannya di rumah dengan bermain game dan menonton film di rumah. Ya, itu dilakukan oleh Ikhsan dari SMPN 7 Padang. Cowok yang tinggal di Jalan Veteran, Padang ini menuturkan waktu liburannya dihabiskan dengan memainkan game perang-perangan di komputer abangnya. “Abangku bekerja di bagian IT sebuah perusahaan, jadi soal game-game seru pasti dia punya. Abang juga sering men-download film-film terbaru, baik film Hollywood, Indonesia bahkan film Jepang. Jadi liburanku aku habiskan di kamar abangku dengan main game di komputernya atau menonton film yang dia download.”

Ikhsan merasa bahwa liburan dengan bermain game dan menonton film tidak kalah serunya dengan liburan pergi ke objek wisata. “Ya, soalnya aku memainkan game-game terbaru yang seru. Jujur, itu rasanya seperti bertualang menjadi seorang prajurit. Pegalaman seperti itu tak kalah serunya dengan pergi ke objek wisata kan sobeX. Pun film-film yang di-download abang. Selera film kami berdua sama, yaitu film aksi dan komedi, jadi kami cocok.”Ternyata ada keseruan lainnya yang bisa dirasakan dengan berliburan di rumah. Keseruan apa itu? Baca di naskah selanjutnya ya sobeX.

Makin Akrab dengan Seisi Rumah


Ada hal baik lainnya yang bisa sobeX dapatkan jika berliburan di rumah. Apa itu? Cintya dari SMAN 2 Padang mengatakan bahwa liburan di rumah membuat dia makin akrab dengan seisi rumahnya.

“Maksudnya dengan semua orang yang ada di rumah dan semua benda yang ada di rumahku sobeX. Selama liburan di rumah ini, kami semua bsia akrab,” ujar gadis berkulit putih yang akrab dipanggil Tya ini oleh teman-temannya.

Lho, kok bisa begitu Tya? Bagaimana ceritanya?

“Kami semua sama-sama sibuk. Papaku bekerja di luar kota, sementara mama seorang karyawan di bagian keuangan sebuah agen perjalanan. Aku dan kedua saudaraku ada yang kuliah, dan kelas tiga SMP. Sepulang sekolah, aku dan adikku langsung pergi bimbel dan aku juga ikut kursus musik. Kalaupun bertemu, ya cuma malam hari di rumah. Karena sudah capek, kami jarang ngobrol panjang lebar. Paling kami hanya nonton sinetron bareng dalam suasana yang diam. Selama liburan di rumah ini, aku, adik dan kakakku bisa berkumpul di rumah dan nonton film komedi bersama. Kebetulan UNP, kampus kakakku juga libur saat ini. Sore harinya, kakak mengajak kami naik mobil untuk menjemput mama pulang kerja, terus bisa langsung pergi makan di luar sampai malam hari,” ceritanya.

Pun dengan Trisno dari SMA Semen Padang. Menurutnya, selama dia berliburan di rumah, dia bisa menghabiskan waktu seharian di rumah sambil mengutak-atik koleksi buku-buku papanya dan bisa mengobrol dengan beberapa orang karyawan pabrik keripik milik orangtuanya. “Kebetulan orangtuaku punya usaha menjual keripik sanjay. Nah pabriknya ya di rumah kami langsung. Jadi karyawannya bekerja dan makan di rumah. Selama liburan di rumah ini, aku bisa membantu orangtuaku meng-handle usaha ini. Aku juga berkenalan lebih dekat dengan beberapa orang karyawan. Toh, pada dasarnya usaha itu kan nantinya akan milikku juga dan mereka juga akan menjadi karawanku, jadi tak ada salahnya belajar dari sekarang.”

“Papa juga seorang pecinta buku. Setiap pergi keluar kota, seperti kota-kota di Jawa, papa tidak lupa membeli buku-buku terbaru. Nah, selama liburan di rumah ini, aku punya banyak waktu luang untuk membaca buku-buku itu, khususnya saat di malam hari. Aku jadi menyadari darimana datangnya sumber inspirasi dan pemikiran papaku selama ini. Ternyata, buku-buku inilah yang menjadi inspirasi dan sumber pemikiran papa.” (***)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA