Date Jumat, 1 August 2014 | 12:45 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

Sulit Lulus 100 %

Jumat, 13-05-2011 | 13:54 WIB | 261 klik

“Nilai rata-rata kelulusan untuk SMP dan SMA itu keputusan dari pusat dan harus diikuti di seluruh Indonesia. Kalau dilihat nilai rata-rata yang dikeluarkan tersebut, tidak terlalu tinggi dan tidak memberatkan pelajar SMP dan SMA,” ujar Kabid Dikmen Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) Sumbar, Mulyardi, pada Padang Ekspres, kemarin (12/4).


Diakui Mulyardi, nilai rata-rata itu sama dengan nilai tahun lalu. Nilai rata-rata tersebut, merupakan nilai terendah, dan dapat dipastikan bisa dicapai pelajar SMP, dan siswa SMA se-Sumbar. “Bagi sekolah favorit, nilai tersebut tidak menjadi masalah, karena biasanya murid mereka bisa mendapatkan nilai lebih tinggi dari itu,” jelasnya.
Kelulusan tingkat SMP dan SMA baru bisa diketahui pada 16 Mei 2011. Namun, kelulusan 100 persen dipastikannya sulit terpenuhi. Soalnya, ada peserta yang terdaftar, ternyata tidak mengikuti ujian.


Untuk SD yang kemarin (12/5) menyelesaikan UN, tidak diberlakukan standar nilai oleh Disdikpora Sumbar. “Untuk murid SD, hanya diberlakukan penambahan antara nilai rapor, ujian sekolah dan nilai ujian nasional. Untuk nilai kelulusan mereka dilakukan sekolah masing-masing, nantinya mereka akan mengetahui lulus tidak lulus pada minggu kedua bulan Juni 2011.


UN Lancar
Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Sumbar, Syamsurizal mengatakan, UN SD berjalan lancar. “Dengan sistem pendidikan kita, tidak banyak peserta UN yang tidak lulus,” ujarnya di sela-sela kunjungan ke beberapa SD di Bungustelukkabung, saat ujian SD berlangsung kemarin (12/5). (kd)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA