Date Kamis, 24 July 2014 | 20:00 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

Bawa Konsultan untuk Lihat Peluang

Sakban Tinjau Pelabuhan Tiram

Senin, 17-12-2012 | 12:20 WIB | 399 klik

Pariaman, Padek—Komitmen perantau untuk memperhatikan pembangunan di kampungnya dilakukan oleh Sakban dengan mengunjungi lokasi proyek Pelabuhan Tiram Padangpariaman. Deputy GM PT Sari Indah Lestari ini merupakan sosok penting dalam pembangunan Pelabuhan Tiram di Padangpariaman, sehingga ia ingin menyaksikan langsung keberlanjutan pembangunan pelabuhan yang dibiayai oleh APBN tersebut.

Kunjungan HM Sakban yang didampingi Konsultan Perhubungan Laut Ali Yusnir dan Direktur PT Mutiara Cimanggis Jakarta Abdi Reza untuk melihat langsung keberlanjutan pembangunan proyek tersebut. HM Sakban yang merupakan Bendahara Umum DPP PKDP ini juga mengkonsultasikan kepada timnya dampak positif dengan adanya pembangunan ini.

“Meski berada di rantau saya senantiasa memantau perkembangan ranah. Saya memiliki tanggung jawab moral terhadap pembangunan pelabuhan ini, karena saya ikut dalam lobi agar Tiram bisa mendapatkan proyek pembangunan pelabuhan yang dibiayai oleh APBN,” ujarnya saat jumpa pers di Pantai Tiram, kemarin.

Ia sangat mengharapka kerjasama dan dukungan dari warga setempat agar proyek ini bisa berlanjut dan segera selesai. Jika pelabuhan ini selesai, maka akan memberikan efek positif pada perekonomian warga sekitar, termasuk Kota Pariaman. Apalagi pelabuhan ini direncakan pelabuhan terbesar kedua setelah Teluk Bayur.

Sakban menyebut ia sengaja membawa Konsultan Pelabuhan Ali Yusnir yang pernah sukses dalam proyek ASDP Bali-Jawa dan Jawa Glimanuk, untuk mengkonsultasikan pembangunan pelabuhan itu.

Di samping juga berencana mengusulkan kepada Bappeda Padangpariaman untuk segera membuat Rancangan Umum Tata Ruang (RUTR) area pelabuhan. Sehingga pada saat pelabuhan ini selesai tidak ada gejolak yang timbul dari masyarakat. Di samping juga kawasan tersebut mejadi kawasan terpadu yang sudah diatur tata ruangnya.

Sa’ban juga menyertakan Abdi Reza dalam pulang kampuangnya kali ini, karena ingin perantau asal Jati Pariaman itu melihat potensi yang bisa digarap oleh para investor. Abdi Reza sendiri memiliki hubungan dekat dengan Leo, pengusaha muda yang merupakan kerabat dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

“Karena pembangunan pelabuhan ini juga akan memberikan efek positif kepada Kota Pariaman, sehingga saya mengajak Reza untuk melihat peluang apa yang bisa di garap di Kota Pariaman. Terutama pembangunan hotel yang memang sudah sangat mendesak di Kota Pariaman,” ujar Sa’ban. (nia)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA