Date Kamis, 31 July 2014 | 22:34 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

Pilkada Sesuai Jadwal, Anggaran Naik

Jumat, 07-12-2012 | 13:34 WIB | 392 klik

Padangpanjang, Padek—Anggaran pelaksanaan Pilkada Padangpanjang periode 2013-2018 mendatang, diajukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota setempat sekitar Rp6 miliar. Jumlah itu mengalami peningkatan dibanding tahun 2008, yakni Rp 3-4 miliar.

Ketua KPU Sudirman menyebutkan, anggaran yang diajukan tersebut yakni sekitar Rp5,1 miliar untuk tahap I dan sekitar Rp1,6 untuk tahap II. Seperti dalam pemberitaan Padang Ekspres beberapa waktu lalu, peningkatan anggaran Pilkada karena prediksi bertambahnya figur bakal calon.

“Hitung-hitung kasar saja, kami prediksikan melalui parlemen bakal muncul 6 pasang calon. Sedangkan melihat banyak figur nan partai, diperkirakan setidaknya dua calon bakal ikut bertarung. Belum lagi peningkatan inflasi ekonomi, akan menambah beban biaya logistik,” sebut Sudirman melalui ponselnya di sela-sela rapat di KPU Provinsi Sumbar, kemarin.

Terkait Tempat Pemungutan Suara (TPS), Sudirman mengaku tidak terjadi perubahan dari Pilkada 2008 lalu, yakni sebanyak 120 TPS. Meski tidak terjadi penambahan TPS, Sudirman menyebut sangat me ngharapkan pengajuan KPU dapat direalisasikan sesuai pengajuan.

“Kalaupun terjadi pengurangan, hendaknya tipis saja. Sebab jika anggaran ternyata berlebih, tetap akan kita pulangkan. Paling kita harapkan lagi, persetujuan anggaran tidak menyebabkan pengunduran pelaksanaan pilkada seperti Kota Padang,” ungkapnya.

Sementara untuk tahapan Pilkada, Sudirman menyebut pendaftaran calon ke KPU akan dibuka sekitar Februari-Maret 2013. Baik pasangan calon partai dan non partai. Sedangkan pemungutan suara dijadwalkan pada Juli mendatang.

DPRD Dukung Penuh

Terpisah Ketua DPRD Padangpanjang, Novi Hendri menegaskan pihak legislatif menyikapi pelaksanaan helat demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kota berjuluk Serambi Mekkah itu akan mendukung penuh.

Baik dari segi kebutuhan anggaran, maupun realisasi yang terkait dengan terwujudnya Pilkada pada 2013 nanti. DPRD dalam hal ini akan segera melakukan pembahasan bersama pihak Pemerintah Kota (Pemko). Agar pelaksanaan Pilkada dapat dilaksanakan sesuai jadwal.

“Baik Pemko dan DPRD, tentunya sangat mendukung pelaksanaan Pilkada dapat berjalan baik dan sukses. Kami akan menetapkan anggaran Pilkada sesuai dengan kebutuhan yang ril, sehingga tidak mengganggu dalam pelaksanaan nantinya. Sebab ini menyangkut masa depan Kota Padangpanjang yang menjadi harapan masyarakat luas,” ungkap Novi yang juga salah satu bakal calon Walikota dari Partai Golkar itu.(wrd)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA