Date Rabu, 30 July 2014 | 14:01 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

Tokoh Muda dan Tua Bidik Kursi Wali Kota

22 Nama Mengapung di Pariaman

Selasa, 20-11-2012 | 14:01 WIB | 1117 klik
22 Nama Mengapung di Pariaman

Kantor Balai Kota Pariaman Rusak Berat

Pariaman, Padek—Sedikitnya ada 22 nama yang mulai mengapung jelang Pilkada Pariaman 2013 mendatang. Seluruh calon memiliki kesempatan yang sama untuk bersaing menuju BA 1 W tersebut, bahkan diantaranya terlihat tokoh-tokoh muda yang cukup berpengaruh dalam pembangunan Kota Pariaman selama ini.

Untuk Partai Golkar, hingga saat ini sudah ada 11 nama yang menyatakan akan maju dari Partai Golkar untuk Pilkada 2013 mendatang. Pantauan Padang Ekspres sudah ada 11 kandidat yang mengambil formulir pendaftaran wako/wawako di Kantor DPD II Partai Golkar Pariaman.

Namun memang yang mengembalikan formulir tersebut sebagai bukti telah melakukan pendaftaran, baru dua orang kandidat. Yaitu HM Saban, professional muda sekaligus perantau Minang di Jakarta. Satu lagi, H.O.S Yerli Asir yang merupakan pamong senior di lingkungan birokrat Sumbar, asal Pariaman.

Di Partai berlambang pohon beringin ini, juga beredar info kalau Ketua DPD II Partai Golkar Pariaman Mardison Mahyudin juga akan maju pada Pilkada 2013 mendatang.

Ketika dikonfirmasi Padang Ekspres, Mardison mengiyakan, kalau ia pribadi akan maju pada Pilkada 2013 mendatang. Namun memang saat ini ia masih menunggu izin dari Ketua DPD Partai Golkar Sumbar yang tengah menunaikan ibadah haji.

“Insya Allah jika memang diamanahkan warga Pariaman saya akan maju pada Pilkada 2013 mendatang,” ujarnya saat dihubungi Padang Ekspres, kemarin.

Sementara itu Partai PKS, sudah lebih maju selangkah, sudah menentukan Helmi Darlis yang saat ini menjabat Wawako Pariaman sebagai balon wako yang diusung pada Pilkada 2013.

Terkait dengan calon wakil wali kota, Ketua DPC Partai PKS Pariaman Muhammad Yasin masih melakukan lobi-lobi politik dengan sejumlah partai untuk berkoalisi. Untuk calon orang perorangan, HM Saban disebut-sebut bakal mendampingi Helmi Darlis.

”Semua masih dalam tahap lobi-lobi, jadi belum ada keputusan siapa yang kan mendampingi Helmi nantinya,” ujar Yasin.

Berbeda dengan PKS dan Partai Golkar yang sudah masuk pada tahap penjaringan, partai besar lainnya seperti Partai Hanura dan Partai PAN, saat ini masih dalam tahap persiapan pembukaan calon pendaftaran. Kedua pimpinan partai, Edison TRD dari Partai Hanura dan Ibnu Hajar dari Partai PAN disebut-sebut sejumlah kalangan juga akan maju pada Pilkada 4 September 2013 mendatang.

Kepada Padang Ekspres Ibnu Hajar menyebut pihaknya dalam minggu ini akan membuka pendaftaran, hal serupa juga diungkapkan Edison TRD. Bagaimana dengan Incumbent Mukhlis Rahman. Secara resmi memang saat ini belum terlihat Mukhlis melakukan pendaftaran.

Namun informasi yang berhasil Padang Ekspres himpun dari sejumlah internal partai besar di Kota Pariaman, Mukhlis sudah menjalin komunikasi dengan Partai Politik, tinggal menunggu waktu yang tepat saja untuk mendaftar. Menariknya, beberapa nama baru juga muncul. Salah satunya, Zulheri Rani, yang kesehariannya berkutat sebagai GM di PT Karya Suka Abadi. Tokoh ini memang masih fenomenal.

Sementara itu Ketua KPU Kota Pariaman Indra Jaya menyebutkan kalau Pilkada Kota Pariaman akan berlangsung 4 September 2013 mendatang. Sementara untuk jadwal tahapan pilkada hingga saat ini masih dalam pembahasan dan akan segera disosialisasikan dalam waktu dekat. (*)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA