Date Rabu, 30 July 2014 | 01:48 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

Bangun Shelter di Pantai Barat Sumatera

Selasa, 13-11-2012 | 12:53 WIB | 261 klik

Padang, Padek—Pemerintah akan membangun banyak shelter untuk tempat penyelamatan dan pengungsian di daerah rawan bencana. Shelter tersebut akan dibangun tahun depan, di daerah sepanjang pantai barat Sumatera, Pantai Selatan Jawa, Bali dan Nusa Tenggara tahun depan.

“Maka dari itu, anggaran penanggulangan bencana di Indonesia di APBN 2013 meningkat tajam dibandingkan tahun ini, mencapai Rp14 triliun,” jelas Dodi Ruswandi, Deputi Bidang Penanganan Darurat dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), kemarin (12/11) usai menjadi pembicara workshop mitigasi nasional di Pangeran Beach Hotel.

Pada worshop yang diadakan Padang Press Club (PPC) itu, mantan Kepala Dinas Prasarana Jalan dan Tarkim Sumbar itu menyebutkan, dana yang diajukan tersebut tidak lepas dari kondisi di beberapa kawasan di Indonesia yang semakin rentan terjadinya bencana alam.

Di sisi lain, Dodi mengapresiasi Sumbar yang dinilainya sebagai provinsi pertama yang telah membangun shelter. “Begitu juga kepedulian pers di provinsi ini terhadap bencana. Paling hebat di Indonesia. Ini langkah bagus dalam kesiapsiagaan jika terjadi lagi musibah bencana alam,” katanya.

Presiden PPC Khairul Jasmi yang hadir sebagai pembicara workshop bertema “Langkah Pemerintah dan Partisipasi Masyarakat”, mengatakan, dibandingkan daerah lain, Sumbar memang telah dinilai sebagai provinsi yang memiliki kesiapsiagaan yang baik dalam penanggulangan bencana. Namun, untuk selanjutnya, pemerintah perlu memfasilitasi hal-hal kecil yang berdampak positif untuk mitigasi serta berjalannya dengan baik proses evakuasi. (ayu)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA