Date Jumat, 25 July 2014 | 12:16 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

Komunitas Penikmat Susu Murni

Kampanyekan Gaya Hidup Sehat

Sabtu, 20-10-2012 | 13:21 WIB | 351 klik
Kampanyekan Gaya Hidup Sehat

Para penyuka susu saat ngumpul di salah satu kafe khusus susu murni dan yoghurt

Bagi orang kebanyakan, susu identik dengan pelengkap sarapan dan minuman kesehatan. Namun di Padang, minum susu menjadi bagian dari gaya hidup dan ritual nongkrong, sejajar dengan kopi dan minuman ringan. Bahkan, para penyuka susu ini pun mulai membentuk sebuah komunitas.

Tiga anak muda ini asyik mengobrol di sebuah kafe khusus menyajikan susu murni dan yoghurt di kawasan Samudera Padang, kemarin. Selain membahas perkuliahan, terdengar juga mereka saling mengedukasi manfaat dan khasiat susu murni.

“Kami memang menyukai susu murni ini. Bukan susu bubuk yang ada di pasaran saat ini. Apalagi, susu murni tersebut tanpa pengawet dan cukup dipastereusasi saja sudah bisa diminum,” kata Algonio, 23, kepada Padang Ekspres, kemarin.

Untuk menghilangkan kebosanan, kata mahasiswa UNP ini, dia juga mengemasnya dengan aneka rasa. Ada rasa cokelat, vanila, bahkan ditambah makanan ringan untuk lebih enak rasa susu murni ini. “Bahkan ketika ngumpul kami saling mencoba aneka rasa susu murni itu agar nggak bosan,” ucap pemilik Shiro Milk ini. Algonio merasa susu murni telah menjadi kebutuhannya setiap hari. Ia memesan susu murni di Padangpanjang. Biasanya, dalam sebulan, dia menghabiskan lima liter susu murni. Mengonsumsinya, dua kali sehari.

“Ada yang kurang rasanya jika nggak minum susu murni ini. Untung di Padang sudah ada kafe khusus bagi penyuka susu murni. Jadi, kami nggak susah mendapatkan minuman ini setiap hari,” ucap Al.

Awalnya, dia khawatir kegemukan lantaran mengonsumsi susu murni. “Ternyata tidak. Malah saya banyak merasakan manfaatnya untuk kesehatan. Kemudian, memperbaiki stamina tubuh, sebagai zat pembangun,” ucapnya.

“Berdasar salah satu sumber disebutkan komposisi dalam 100 cc susu sapi segar terdiri dari kalori 61 kkal, protein 3,2 gram, lemak 3,5 gram, karbohidrat 4,3 gram, kalium 1.200 mg, kalsium 143 mg, fosfor 469 mg, vitamin B1 0,03 mg, vitamin C 1 mg,” ungkapnya sambil memperlihatkan komposisi susu murni ini. Tahun depan, Dinas Peternakan Sumbar mengajak mereka berpartisipasi dalam Hari Susu Nasional. “Ini tentunya surprise bagi kami anak muda terlibat dalam iven skala nasional,” ucap Algonio.

Hal senada disampaikan penyuka susu lainnya, Doni, 23. “Memang sejak kecilnya suka akan susu murni ini. Bahkan, saat ini dalam sebulan menghabiskan 20 liter susu murni. Habis, dalam sehari bisa tiga gelas,” ujar Doni.

Doni mempunyai misi ingin mengajak anak-anak muda Padang mengonsumsi susu murni. “Meminum susu murni ini tak hanya kalangan anak-anak saja. Orang dewasa pun juga butuh susu murni. Manfaatnya pun juga banyak dirasakan,” tutur Doni.

Kandungan lemak susu murni relatif rendah. Di dalam susu terkandung vitamin B2 dan vitamin A.

Selain protein juga terdapat macam-macam asam amino yang penting untuk pertumbuhan tubuh. “Itulah salah satu manfaat yang saya rasakan,” ungkap Doni.

Untuk mendapatkan susu murni, kini tak perlu bingung lagi karena telah hadir kafe dan komunitas penyuka susu. “Jadi, sambil ngumpul nikmati susu juga mendapatkan banyak ilmu,” sebutnya.

Desi, 22, penyuka susu murni lainnya, sering memvariasikan aneka rasa susu murni agar tidak lekas bosan. “Usai dipasteurisasi langsung diminum. Tak boleh dibiarkan lama,” tukas Desi.

Untuk mendapatkan susu murni, Desi mengaku harus memburunya ke Padangpanjang. “Jika tidak, terpaksa diganti dengan teh susu atau kopi susu. Tapi rasanya tak seenak susu murni. Lebih banyak manfaatnya bagi kesehatan,” tuturnya. (ril)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA