Date Kamis, 31 July 2014 | 02:12 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Pendidikan

Ponpes MM Ukir Prestasi

Sabtu, 20-10-2012 | 12:56 WIB | 296 klik

Bukittinggi, Padek—Sejumlah santri Pondok Pesantren (Ponpes) Madinatul Munawwarah Bukittinggi, berhasil meraih prestasi dalam berbagai lomba tingkat Sumbar. Setelah memiliki madrasah baru di kawasan Sarojo, Kelurahan Campago Guguakbulek, jumlah muridnya pun semakin bertambah.

Kepala Ponpes Madinatul Munawwarah (MM), Drs. Syafi’i didamping Ketua Yayasan, Maisir Syamsi, menjelaskan, madrasah yang mulai berdiri tahun 1998 dengan tempat belajar dan asrama pertama berlokasi di Ngarai, Kelurahan Kayukubu, telah melalui perjuangan yang cukup panjang.

“Karena berada di kawasan rawan longsor, seperti yang pernah terjadi pada tahun 2006 lalu, disertai bangunan yang masih berstatus sewa, pengurus yayasan bersama para guru terus berupaya mencari lokasi baru dan milik sendiri,”kata Syafi’i.

Ternyata, setelah berhasil membangun madrasah (sekolah) sendiri di Sarojo, pertambahan santri yang tahun sebelumnya hanya sebanyak 98 orang kini sudah menjadi 135 orang. Mereka berasal, selain beberapa kota dan kabupaten di Sumbar, juga dari sejumlah daerah di Riau. Duri Dumai dan Jambi.

Prestasi yang berhasil diraih tersebut, menurut Wakil kepala Madrasah, Yendrawati, dan Taufik Danis, sebagai juara I lomba baca kitab kuning tingkat Sumbar atas nama Oki Wahlul Amri, serta lomba baca puisi oleh Septika Mutia Medika. Yang membanggakan, ternyata santri Ponpes MM ini juga terampil dalam bidang lain seperti olahraga catur atas nama Rahmatul Reski. (rul)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA