Date Senin, 28 July 2014 | 17:19 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Pendidikan

Seluruh Ijazah Rusak Diganti

Kamis, 20-09-2012 | 12:33 WIB | 382 klik

Agam, Padek—Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Agam melayani penggantian blanko ijazah secara kolektif, akibat kesalahan penulisan, rusak dan hilang untuk seluruh sekolah mulai dari jenjang SD, SMP hingga SMA/SMK se-Kabupaten Agam.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam Fauzir Munaf mengatakan, perbaikan itu dilakukan menindaklanjuti surat Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Nomor 421/12587/DIKDAS/2012 perihal Blanko Ijazah Tahun Pelajaran 2011/2012. Pemberitahuan itu telah disampaikan kepada seluruh kepala sekolah SMP, SMA dan SMK se-Kabupaten Agam. Untuk kepala SD, telah diberitahukan Kepala UPT Pendidikan TK/SD/LS pada 17 September lalu. ”Untuk itu, kami minta seluruh kepala sekolah memberitahukan kepada orang tua siswa agar memeriksa data yang tertulis dalam ijazah. Jika tidak sesuai, kami segera lakukan penggantian blanko ijazah secara kolektif,” kata Fauzir.

Pihaknya akan meminta pelaporan pemakaian blanko ijazah berupa rekap jumlah ijazah yang diterima, dipakai dan tidak terpakai serta yang rusak. Di samping itu, meminta berita acara penyerahan blanko ijazah dari UPT ke sekolah dan dari sekolah ke siswa serta daftar penyerahan ijazah ke siswa. ”Laporan pertanggungjawaban pemakaian blanko ijazah tersebut telah kami terima selambat-lambatnya 8 Oktober nanti,”katanya.

Sedangkan untuk penghapusan blanko ijazah yang tersisa atau tidak terpakai atau salah tulis atau rusak, pihaknya mengagendakannya di Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga pada Desember mendatang. ”Dengan adanya penggantian blanko tersebut, diharapkan ke depan tidak ada lagi ditemui blanko ijazah salah untuk tahun pelajaran 2011/2012,” katanya. (y)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA