Date Kamis, 24 July 2014 | 07:27 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Olah Raga

Kagawa Tumbang, Jepang Masih Menang

Rabu, 12-09-2012 | 12:40 WIB | 143 klik

Saitama, Padek —Jepang memperbesar peluang lolos ke putaran final Piala Dunia (PD) 2014. Negeri Sakura masih memimpin klasemen grup B setelah meraih kemenangan tipis 1-0 atas Irak di Stadion Saitama, kemarin. Gol semata wayang dalam bentrok juara Asia dua edisi terakhir itu diciptakan Ryoichi Maeda (25’).

Hasil absolut membuat Samurai Biru -julukan Jepang- makin kokoh di urutan teratas dengan koleksi 10 angka dari empat laga. Unggul delapan angka dari Irak di peringkat kedua, tapi dengan jumlah laga lebih sedikit. Hanya dua tim teratas yang berhak lolos ke putaran final.

”Tiga angka yang sangat krusial dan kami mampu meraihnya. Kami memang ingin lolos ke Brasil secepatnya,” kata pelatih Jepang, Alberto Zaccheroni kepada Reuters.

Zac -sapaan akrab Zaccheroni- memang bisa bernapas lega mengingat Iraq mampu memberikan perlawanan ketat dalam laga di hadapan 60 ribu penonton tersebut. Apalagi Irak saat ini diasuh Zico yang notabene pernah meloloskan Jepang sampai babak 16 besar di PD 2006.

”Irak bermain bagus, bahkan mereka memiliki dua peluang bagus sebelum kami mencetak gol,” jelas Zac.

Eks pelatih AC Milan itu juga sempat dibuat waswas seiring cedera yang dialami playmaker Shinji Kagawa hanya satu jam sebelum kickoff. Bintang Manchester United itu bermasalah dengan punggungnya. ”Saya merasakan nyeri di punggung saat pemanasan. Tapi, ini tidak terlalu serius dan tidak harus membuat saya absen lama,” tuturnya.

Sedangkan Kapten Jepang Makoto Hasebe menilai kehilangan satu atau dua pemain tidak banyak berpengaruh terhadap soliditas Samurai Biru. ”Itu karena kami memiliki kualitas pengganti yang bagus pula. Jepang adalah tim yang mengandalkan kolektivitas,” terang gelandang VfL Wolfsburg tersebut.

Sementara itu, di grup A, tetangga Jepang, Korea Selatan (Korsel), juga masih memuncaki klasemen seusai menahan imbang 2-2 Uzbekistan di Tashkent. Korsel kini memiliki 7 angka dari tiga laga. Sebagai catatan, Jepang dan Korsel adalah wakil Asia dengan capaian terbaik di PD 2010 alias sama-sama lolos ke 16 besar. (dns/jpnn)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA