Date Rabu, 23 July 2014 | 21:11 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

Jefrrie: Tak Perlu Keluar Duit, Dibiayai Partai

NasDem Cari 200 Caleg DPR

Senin, 10-09-2012 | 12:43 WIB | 1558 klik

Padang, Padek—Partai Nasional Demokrat (NasDem) tak main-main membuat perubahan dalam tntanan kehidupan bernegara. Sedikitnya, 200 calon legislatif (caleg) DPR RI terbaik disiapkan melalui seleksi ketat dimulai Januari 2013 mendatang.

Demikian terungkap dalam rapat konsolidasi dan halal bi halal DPW Partai NasDem Sumbar di Basko Hotel, tadi malam. Rapat konsolidasi ini dihadiri Sekretaris Majelis Nasional Partai NasDem, Jeffrie Geovanie, Sekjen DPP Ahmad Rofiq, Ketua DPP Bidang Internal Endang Tirtana, dan pengurus teras Partai NasDem lainnya.

“Mulai Januari 2013, kita akan membikin iklan di seluruh koran di Indonesia berisikan Partai NasDem akan mencari orang-orang jujur, tidak pernah tersangkut korupsi, memiliki integritas, kredibilitas dan sejumlah persyaratan lainnya. Tak meski tokoh untuk disiapkan menjadi caleg DPR RI. Nantinya, mereka akan kita seleksi melalui human resources Partai NasDem,” kata Jeffrie.

Sebanyak 200 calon terbaik, tambah mantan anggota DPR RI asal daerah pemilihan (dapil) Sumbar I ini, akan disiapkan menjadi caleg DPR RI Partai NasDem dalam Pemilu 2014 mendatang. Mereka tak perlu membayar biaya selama pencalegan, semua akan dibiayai partai. Sekitar Maret 2013-April 2014 mereka akan disebar ke 77 dapil se-Indonesia.

Tak sekadar gratis, selama di lapangan mereka juga akan ditandem dengan seorang campaign manager, dan 15 orang staf tergantung kondisi daerah pemilihan. Mereka akan berada di dapil menjalankan program-program sudah disusun campaign manager setiap harinya.

“Seminggu setiap dua sekali, mereka boleh meninggalkan dapil. Ini akan berlangsung sampai April 2014 mendatang. Mereka-mereka inilah menjalankan serangan darat Partai NasDem di daerah, setelah sekarang ini hanya fokus menjalankan serangan udara melalui media elektronik,” tambah mantan calon gubernur Sumbar 2005 lalu.

Coba bayangkan, tambah Jeffrie, kalau orang-orang ini berhasil duduk di parlemen. Pastilah mereka akan mampu memberi perubahan dan menjalankan tugas pengawasan terhadap jalannya pemerintahan.

Lalu berapa biaya masing-masing caleg tersebut? Diakui Jeffrie, memang cukup besar. Sebab, harus mengorbitkan orang yang belum menjadi apa-apanya, menjadi dikenal publik. Paling kurang bakal menelan biaya Rp 9-10 miliar. Selain mengandalkan kas parpol, juga akan meminta bantuan donatur yang jelas juga kapasitas dan kapabilitasnya.

Dalam acara dihadiri hampir seluruh pengurus DPW Partai NasDem Sumbar, DPD, DPC itu, Jeffrie mengimbau kepada seluruh pengurus DPW dan DPD segera menyiapkan caleg sementara. Nantinya, caleg ini akan ditandemkan dengan caleg DPR RI tadi.

Di sisi lain, Sekjen DPP Partai NasDem, Ahmad Rofiq mengingatkan pengurus Partai NasDem jangan berpuas diri usai menuntaskan pendaftaran vertifikasi faktual ke KPU. Sebab, sekarang ini Partai NasDem belum apa-apanya dan belum ada ketetapan KPU bahwa Partai NasDem mengikuti Pemilu 2014.

“Kita sekarang belum ada apa-apanya, makanya seluruh pengurus Partai NasDem tetap rendah diri dan bergerak cepat. Segera indentifikasi siapa-siapa saja berpotensi menjadi caleg. Kalau pengurus tentu sudah memiliki hak khusus, namun bagaimana pun kita tetap membuka diri terhadap SDM-SDM berkualitas di luar pengurus partai,” katanya.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Bidang Internal DPW Partai NasDem Sumbar Yosmeri Yusuf optimistis Partai NasDem bakal mampu meraup hasil maksimal dalam Pemilu 2014 mendatang. (*)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA