Date Jumat, 1 August 2014 | 22:54 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

KPU Maksimal Peranan Media Center

Kamis, 09-08-2012 | 13:01 WIB | 291 klik

Padangpanjang, Padek—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padangpanjang akan memaksimalkan peran dan fungsi media center sebagai penyedia informasi penyelenggara Pemilu Legislatif dan Pemilu Kada.

Ketua KPU Kota Padangpanjang Sudirman menyebutkan, keberadaan media center sangatlah penting dalam keterselenggaraannya tahapan-tahapan Pemilu dengan $aksimal. Melalui media center, berbagai informasi tentang Pemilu dapat diteruskan ke masyarakat oleh pelaku jurnalistik atau insan pers.

“Demikian juga halnya proses sosialisasi, pihak KPU akan lebih maksimal dengan terjalinnya kerjasama dengan pers melalui media center,” ungkap Sudirman ketika Workshop Media Center, di Aula KPU setempat, Selasa (7/8) kemarin.

Meski secara prinsip media center telah lama ada di KPU Padangpanjang, namun masih minim dalam pelaksanaan peran. Sehingga pencapaian sasaran sosialisasi hingga hasil Pemilu, belum tersalurkan secara maksimal ke khalayak ramai.

“Untuk itu, ke depannya KPU bertekad mensukseskan Pemilu khususnya Pilwako 2013 mendatang. Melalui media center, kami harapkan dapat meningkat kerjasama dengan pers dalam menyampaikan beragam informasi publik terkait Pilkada,” harapnya.

Bustami Narda dan Ampera Salim sebagai narasumber sama-sama menyuarakan pentingnya keberadaan media center sebagai corong informasi dari KPU dan tempat insan pers mendapatkan bahan pemberitaan.

“Dari pengalaman pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Pemilu Kada sebelumnya, insan pers sangat memerlukan setiap penggal informasi penyelenggaraan pemilu yang akan disampaikan kepada masyarakat,” kata Bustami Narda.

Ditambahkan Ampera Salim, keberadaan media center jangan hanya sebatas ruangan khusus untuk pers saja, tetapi juga harus dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti komputer, jaringan internet dan data yang bisa diakses dengan mudah.

“SDM personil yang akan mengelola media center juga sangat menentukan kesuksesan pelayanan media center, apalagi insan pers memerlukan data yang akurat dan terpencaya,” jelas Ampera Salim yang juga Kabag Humas Pemko Padangpanjang.

Maksimalnya peran dan fungsi media center, juga tergantung besarnya anggaran yang peruntukan.(wrd)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA