Date Kamis, 24 July 2014 | 00:55 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Pemerintahan

Warga Pakanlabuah Buka Jalan Baru

Kamis, 09-08-2012 | 12:56 WIB | 176 klik

Bukittinggi, Padek—Kerinduan masyarakat Kelurahan Pakanlabuah, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB) Kota Bukittinggi, akan jalan baru, bakal terujud, menyusul dimulainya pengerjaan pembukaan badan jalan yang berlokasikan di belakang komplek perumahan Bukittinggi Indah tersebut.

Bahkan Selasa (7/8), Camat ABTB bersama Lurah, Dinas Pertanian, Ketua LPM, tokoh masyarakat, pemilik tanah dan petugas lapangan mensurvey dan menelusuri titik awal pembukaan badan jalan yang dilalui dari sawah ke sawah sampai ujung jalan yang berbatasan dengan bangunan STAIN Bukittinggi.

Survey yang juga dihadiri Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Syech M. Jamil Jambek Bukittinggi, Ismail Novel itu, menurut Yetti Asra, Kabid Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Dinas Pertanian Kota Bukittinggi, tahap awal akan dibangun saluran irigasi yang dibiayai dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Pertanian senilai Rp 527.770.000.

CV Karya Mentawai, sebagai pihak pemenang tender, akan mengerjakan proyek ini selama 4 bulan (120 hari kalender), terhitung 6 Agustus sampai 4 Desember 2012.

”Pembangunan jalan yang pembukaan badan jalannya seiring dengan pembangunan irigasi ini akan dilakukan tahun 2013 dengan mamanfaatkan sumber dana yang sama dengan rencana nilai awalnya sebesar Rp330 juta, namun ada perubahan yang belum bisa kita pastikan angka perubahan tersebut,” kata Yetti.

Sementara Camat ABTB, Rismal Hadi, pada survey tersebut terlihat sangat antusias menyambut keinginan dan persetujuan masyarakat pemilik tanah. “Karena rencana pembukaan jalan yang lebarnya 160 Cm dengan panjang mencapai 900 meter dan melibatkan 48 orang pemilik sawah ini memang sudah beberapa kali diusulkan dalam kegiatan Musrenbang,"kata Rismal Hadi.

Ketua LPM Pakanlabuah, yang juga ninik mamak setempat, Inyiak Dt. Asa Dahulu, didampingi Lurah M Junaidi mengatakan, jalan yang bakal dibuka ini dinamakan jalan usaha tani. ”Dengan terealisasinya jalan ini nanti, diharapkan masyarakat petani di sini akan sangat terbantu dalam membawa hasil taninya,” harapnya. Selama ini, jalan yang hanya pematang sawah sulit dilalui warga. (rul)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA