Date Selasa, 29 July 2014 | 05:30 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

IPPMI Protes Siaran Minang TV

Rabu, 25-07-2012 | 12:59 WIB | 959 klik

Padang, Padek—DPW Ikatan Pemuda Pemudi Minang Indonesia (IPPMI) Sumbar melayangkan surat protes atas materi siaran Minang TV kepada Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumbar. Surat protes ini bersumber dari pengaduan masyarakat yang keberatan Minang TV menyiarkan pengajaran agama Kristen dalam bentuk ceramah, mimbar injil serta talkshow.

“Pada prinsipnya, kami menghargai kemerdekaan masing-masing rakyat Indonesia memeluk agama. Ini bahkan sudah dijamin undang-undang. Namun yang kami sesalkan di sini, siaran tersebut disiarkan Minang TV. Kalau TV lain tak apa-apa, maksudnya yang tak memakai nama Minang. Kita tahu, Minang itu erat dengan adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah (ABS-SBK),” ujar Ketua IPPMI Sumbar, Sutan Muhammad Yusuf saat jumpa pers di sekretariat IPPMI Sumbar, Selasa (24/7).

IPPMI Sumbar meminta Minang TV untuk menghormati kearifan lokal di Sumbar. “Dampaknya sangat luar biasa nanti. Coba bayangkan jika anak-anak yang nonton. Jika siaran tersebut direlay dari pusat, baiknya Minang TV bersikap arif, dengan mengganti siaran tersebut dengan siaran lainnya. Kan bisa saja diganti dengan siaran lagu-lagu, rabab dan sebagainya,” tambah Sutan Yusuf didampingi Wakil Ketua Bidang Hukum, Mukti Ali Kusmayadi Putra.

Hal senada dikatakan Wakil Ketua DPD Pemberantasan Penyakit Masyarakat (Pekat) Sumbar, Herman Darwin. “Dalam seluruh aspek kehidupan dan budaya, Sumbar itu berlandaskan pada agama Islam. Saat Minang TV menyiarkan acara dengan materi agama lain selain Islam, apalagi dalam intensitas yang cukup tinggi, tentunya ini sangat melukai hati masyarakat Minang. Kami ingin, seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mengawal kasus ini,” ulas Herman.

DPW IPPMI Sumbar sendiri juga sudah menembuskan surat protes tersebut kepada Gubernur Sumbar, Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo Sumbar, Ketua MUI Sumbar dan Ketum DPP IPPMI di Jakarta. “Kami meminta Minang TV untuk segera mengevaluasi siaran tersebut. Seyogianya, setiap stasiun TV lokal di suatu daerah, seharusnya menghargai kearifan lokal di daerah tersebut,” ungkap Sutan.

Terpisah, Kepala Biro Minang TV, Roy Putranto yang dihubungi Padang Ekspres, menghargai surat protes IPPMI Sumbar. “Ini menjadi perhatian buat kami. Terima kasih atas koreksinya. Kami berjanji akan segera menindaklanjutinya. Dan secepat mungkin, akan saya bicarakan dengan pimpinan untuk pengambilan sikap,” pungkasnya. (san)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA