Jum'at, 25 April 2014 - 24 Jumadil Akhir 1435 H 05:57:16 WIB
NASIONAL

SBY Teken Perpres BPIH

Padang Ekspres • Sabtu, 21/07/2012 12:42 WIB • * • 1800 klik

Jakarta, Padek—Pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) tahun 2012 bisa segera dila­kukan. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah menan­data­ngani peraturan presiden (Perpres) Nomor 67 Tahun 2012 tentang BPIH Tahun 1433 Hijriyah/ 2012.

 

Perpres tersebut merupakan pengganti Perpres Nomor 51 Tahun 2011. Biaya haji yang ditetapkan da­lam perpres tersebut sesuai de­ngan yang diputuskan saat pem­ba­ha­san antara pemerintah melalui men­teri agama (Menag) dengan DPR.

 

Untuk tahun ini, ongkos naik haji terendah adalah embarkasi Aceh, yakni sebesar USD 3.328 dollar. Sementara biaya tertinggi adalah Makassar, yakni USD 3.882. Sedang­kan untuk sepuluh embarkasi lain, besaran biaya hajinya adalah Medan sebesar USD 3.388, Batam (USD 3.468), Padang (USD 3.404), Pa­lembang (USD 3.456), dan Jakarta (USD 3.638).

 

Kemudian embarkasi Solo sebe­sar (USD 3.617), Surabaya (USD 3.738), Banjarmasin (USD 3.808), Balikpapan (USD 3.819), dan Lom­bok (USD 3.857). Biaya terse­but meliputi biaya penerbangan haji, pemondokan di Mekkah dan Ma­dinah, serta living cost selama me­nunaikan ibadah haji.

 

”Pembayaran BPIH Tahun 1433H/2012M dilakukan dengan mata uang dolar Amerika atau mata uang rupiah, sesuai kurs jual tran­saksi Bank Indonesia yang berlaku sama pada hari dan tang­gal pem­bayaran,” bunyi Perpres tentang BPIH itu. BI akan menyia­p­kan valuta asing sesuai dengan kebutuhan pembayaran BPIH.

 

”BPIH disetorkan kepada reke­ning Agama melalui Bank Pe­nerima Setoran (BPS) BPIH,” bunyi Pasal 5 Perpres tersebut.

 

Perpres tersebut nantinya akan menjadi dasar penerbitan Pera­turan Menteri Agama (PMA) ten­tang pelu­nasan BPIH reguler.

Sekjen Kementerian Agama, Bah­rul Hayat sebelumnya menu­turkan, seperti tahun-tahun sebe­lummya, pelunasan BPIH reguler diren­cana­kan berjalan maksimal dalam dua kali masa perpan­ja­ngan. Perpan­ja­ngan itu untuk mengakomodasi po­tensi ada ja­maah yang masih belum mampu menyediakan uang pelunasan.

 

Jika sampai dua kali masa per­panjangan ada jamaah yang belum bisa melakukan pelunasan BPIH reguler, otomatis kursi akan ditarik dulu ke Kemenag pusat. Selanjutnya kursi yang tidak terpenuhi tadi didistribusikan lagi ke daerah seka­ligus dengan tam­bahan kuota haji pemberian ker­jaan Arab Saudi.

 

”Harga riil biaya haji reguler baru bisa diketahui ketika pelak­sa­naan masa pelunasan BPIH. Sebab kita  menetapkan BPIH berda­sarkan mata uang dolar AS,” katanya. (fal/jpnn)

[ Red/Administrator ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Kacamata Kuda KPK

KRITIK dan pujian selalu datang bersamaan setiap kali Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuat ”kejutan” baru. Termasuk ketika menetapkan mantan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Hadi Poernomo sebagai ter­sangka dalam kasus pajak yang terjadi pada 2004.

Belum Terima Elpiji

YTH bapak Wali Kota Padang yang baru. Kami warga RW 6, Guo Kuranji sampai sekarang belum menerima paket gas elpiji 3 Kg. Tolong di percepat karena minyak tanah harganya sudah naik.

Kamis ,24 April 2014

Tunggu SK Mendagri

Lai ndak ka ta undur lo tu Pak, dek KPK lah manyasar Mendagri lo..........!

 

14 Warga Digigit Anjing Gila

Iah gawat mah pak,lai aman Pak..................................................?

 

UN SLTP, Padang Target Jawara

semoga lah pak, asa ndak pakai jimat se.....................................!