Date Rabu, 30 July 2014 | 14:01 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

Satpol-PP Awasi Warung Makan

Selasa, 17-07-2012 | 12:03 WIB | 147 klik

Padangpanjang, Padek—Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kota Padangpanjang bakal lakukan penyegelan tarhadap warung makanan yang masih kedapatan melayani masyarakat yang tidak berpuasa selama siang hari di bulan Ramadhan.

Kepala Satpol PP Kota Padangpanjang, Sukma menyebutkan pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang berjualan makanan di kota berjuluk Serambi Mekah itu.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, petugas Satpol PP menindak tegas pemilik warung jika kedapatan melayani pembeli di saat umat muslim menunaikan ibadah puasa. Jika perlu kita segel warung yang dijadikan lokasi berjualan,” katanya.

Selain di bulan Ramadhan, tim yang dibentuk satuan penegak perda tersebut akan bertugas hingga perayaan Idul Fitri. Disebutkannya tim pengamanan tersebut juga terdiri dari unsur kepolisian, TNI-AD, Brimobda dan Subdenpom yang nantinya akan melakukan pemberantasan maksiat selama Ramadhan dan Idul Fitri.

“Tim ini nantinya juga akan melakukan razia rutin baik siang maupun malam selama bulan Ramadhan di lokasi-lokasi yang dicurigai sebagai lokasi maksiat,” sebutnya.

Terkait sanksi sendiri, selain dikenakan sanksi sesuai dengan Perda yang berlaku, dimana pedagang yang kedapatan melayani tamu makan dan minum di tempatnya akan disegel selama bulan Ramadhan.

“Jika tidak diberikan sanksi tegas, takutnya pedagang itu tetap melaksanakan aktifitasnya meskipun telah ditertibkan oleh tim gabungan,” jelasnya.

Selain pedagang makanan dan minum, Sukma juga menghimbau kepada pedagang kembang api agar tidak menjual petasan yang tidak masuk daftar resmi. Demikian juga tentang kembang api, agar tidak menjual dalam jenis besar karena dapat mengganggu kenyamanan beribadah umat muslim.

“Untuk razia petasan, kami juga bekerja sama dengan pihak kepolisian. Karena kami sifatnya hanya penertiban, dan penyitaan merupakan wewenang kepolisian,” ungkapnya. (wrd)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA