Date Kamis, 31 July 2014 | 10:19 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

STIKES Nan Tongga Peduli Kesehatan

Rabu, 11-07-2012 | 12:28 WIB | 574 klik
STIKES Nan Tongga Peduli Kesehatan

Mahasiswa PKL STIKES Nan Tongga Lubukalung

Pariaman, Padek—Setelah mengabdikan diri selama beberapa bulan terakhir di lingkungan warga di dua Kenagarian di Kecamatan VI Lingkung, Kabupaten Padangpariaman, kegiatan PKL mahasiswa STIKES Nan Tongga Lubukalung, kemarin ditutup. Sebanyak 38 mahasiswa yang telah melaksanakan PKL merasakan manfaat langsung praktek dengan berdekatan bersama warga di dua kenagarian, Kototinggi dan Pakandangan.

Sebelumnya selama beberapa bulan terakhir, 38 mahasiswa itu langsung mengaplikasikan ilmu yang mereka dapat selama studi di STIKES Nan Tongga Padangpariaman. Mulai dari kebersihan lingkungan, hingga program ibu hamil dan ibu menyusui, kesehatan lansia dan gizi untuk anak sekolah.

Dalam sambutannya Ketua PKL STIKES Nan Tongga Nonong Tri Senja menyampaikan, bahwa secara teknis mulai dari pengumpulan data di tengah masyarakat hingga tahap evaluasi, semuanya berjalan maksimal. Tidak salah jika seluruh program kegiatan PKL warga mendapat sambutan positif dari warga di dua nagari ini. Sebab memang warga merasakan manfaat dari adanya kegiatan PKL yang dilakukan 38 mahasiswa ini.

“Mudah-mudahan pembelajaran di tengah masyarakat ini makin memperkuat empati dari para mahasiwa untuk menjalankan tugas mereka sebagai tenaga medis saat bekerja nanti,” ujarnya saat penutupan kegiatan PKL kemarin.

Hadir dan memberikan sambutan Ketua Yayasan STIKES Nan Tongga Syahrul, Sekeretaris Dinas Kesehatan Padangpariaman Hanif, serta Camat VI Lingkung Irsyaf Bujang dan wali Nagari Koto Tinggi dan Pakandangan.

Sementara itu Ketua Yayasan STIKES Nan Tongga Syahrul menjelaskan kalau STIKES ini merupakan salah satu aset Pemkab Padangpariaman. Untuk itu ia senantiasa mengharapkan dukungan dari segala pihak untuk kemajuan institusi yang sudah menelurkan paramedik handal ini. Begitu juga dengan puskesmas yang berada di lingkungan PKL, kiranya mampu memanfaatka data yang diperoleh mahasiswa untuk kemajuan kesehatan dan meningkatka derajat kesehatan masyarakat. Untuk tahun ini STIKES Nan Tongga membuka pendaftaran bagi mahasiswa baru. (nia)

Di tempat yang sama Camat VI Lingkung, Irsyaf Bujang mengucapkan terima kasih atas kegiatan PKL mahasiswa Stikes tersebut. Karena sudah meningkatkan pengetahuan warga tentang kesehatan sehingga mampu meningkatkan derjat kesehatan masyarakat. (nia)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA