Date Selasa, 22 July 2014 | 20:23 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

Ruangan Masjid jadi Lahan Parkir

Senin, 09-07-2012 | 12:12 WIB | 304 klik
Ruangan Masjid jadi Lahan Parkir

Pengendara saat mengambil motor yang di parkir di dalam masjid

Bandarbuat, Padek—Selain tempat ibadah, masjid juga bisa dijadikan sebagai tempat kegiatan sosial lainnya. Lain halnya Masjid Ikhlas di Pasar Bandarbuat, Kecamatan Lubukkilangan, sebagian besar ruangan masjid itu malah dijadikan tempat parkir kendaraan roda dua. Pengurus masjid beralasan untuk membantu biaya pembangunan masjid.

Pantauan Padang Ekspres, Sabtu (7/7), sekitar pukul 08.30, kendaraan roda dua berjejer di dalam masjid tersebut. “Setiap hari pasar, memang selalu diisi parkir kendaraan. Otomatis yang mau shalat malah susah cari tempat,” kata Dasmawerni, 45, pedagang pasar yang sering Shalat Dhuha di masjid tersebut.

Setiap hendak Shalat Dhuha, dia selalu berdebat dengan tukang parkir dan pengurus masjid. “Kami sudah meminta ruangan masjid jangan dijadikan tempat parkir, tapi ndak juga ditanggapi,” ungkap warga RT 2 RW 3 tersebut.

Wen—panggilan akrabnya—mengaku kerap meneteskan air mata saking kesalnya dengan ulah orang-orang yang mengizinkan hal tersebut. “Setiap kali saya ke masjid, saya selalu memberitahu untuk menghentikan hal itu. Bagaimana ndak menangis, tempat shalat dijadikan tempat parkir hanya untuk membantu biaya pembangunan,” ujar pedagang kelahiran Solok tersebut kesal.

Izin penggunaan masjid sebagai lahan parkir, diakui Yon Afrizal, untuk membantu biaya pembangunan masjid yang kini sedang dalam pengerjaan. “Kami pengurus hanya menyediakan tempat. Itu pun tidak diminta biayanya, hanya sukarela dari pengguna saja,” ujarnya.

Hal senada diakui Ketua Masjid Ikhlas, Lili Darmi. “Pengurus tidak memungut biaya apa pun kepada pengguna selain sukarela dari mereka,” jelas Lili ketika dihubungi Padang Ekspres.

Lili mengakui pengurus masjid tak bermaksud melecehkan tempat ibadah. “Niat pengurus sebenarnya baik, untuk membantu biaya pembangunan,” ujarnya. (mg19)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA