Date Senin, 28 July 2014 | 19:21 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

Camat Harus Laksanakan Fungsi

Jumat, 01-06-2012 | 13:40 WIB | 130 klik

Painan, Padek—Camat mesti melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dengan baik. Ia juga harus membaur dengan masyarakat serta berkomunikasi secara intensif dengan seluruh unsur yang ada di kecamatan, nagari dan kampung.

Tanpa adanya komunikasi tentu akan menimbulkan berbagai penafsiran negatif di masyarakat. Padahal, tugas seorang camat lebih banyak diarahkan untuk pemberdayaan masyarakat.

Hal ini ditegaskan Wakil Bupati Pesisir Selatan Editiawarman pada serah terima Jabatan (Sentijab) Camat Lunangsilaut yang lama Darwis ke camat baru Feri Kamis (31/5). Menurutnya kinerja camat akan terus dievaluasi. Bagi mereka yang tidak memiliki kenerja bagus, tentu akan menjadi cacatan tersendiri.Di samping itu, camat beserta istri hendaknya berdomisili di wilayah tugas masing-masing. Ini salah satu poin yang mesti dilaksanakan oleh camat. Sebelum dilantik, seluruh camat menyanggupi untuk berdomisili di wilayah tugas.

“Soalnya, ia adalah seorang pemimpin di kecamatan yang mesti selalu berada di tengah-tengah masyarakat. Kecuali ada hal penting dan mendesak. Itupun harus ada persetujuan dari pimpinan. Di samping itu, handphone saudara harus aktif 24 jam serta tanggap terhadap bencana,” ujarnya. (mg15)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA