Date Jumat, 25 July 2014 | 18:17 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

Lulusan SPAN Berpeluang jadi Perwira

Rabu, 30-05-2012 | 18:10 WIB | 926 klik

Sudiriman, Padek—Lulusan SMK Penerbangan Sekolah Penerbangan Angkasa Nasional (SPAN) Padang memiliki banyak peluang kerja tidaknya bekerja di maskapai penerbangan. Padahal, lulusan SMK SPAN ini, berpeluang besar untuk sebagai perwira Prajurit Sukarela Dinas Pendek (PA PSDP) Penerbangan TNI-AD .

Hal itu disampaikan Instruktur Pusat Penerbangan TNI-AD Jakarta, Kolonel CPN TNI-AD, Doni Ahmad Nurzaman kepada Padang Ekspres usai pelantikan alumni ke-IX SMK Penerbangan SPAN Padang, di aula Makorem 032 Wirabraja, Senin (28/5).

Selama ini, kata Doni Ahmad, lulusan SMK Penerbangan SPAN Padang memang ada yang diterima di PA PSDP Penerbangan TNI-AD. Namun jumlahnya, masih rendah dari yang diharapkan. “Padahal minat dari lulusannya ini untuk menjadi PA PSDP Penerbangan TNI-AD, cukup tinggi. Untuk itu, saya berharap agar pihak sekolah bisa mencetak calon-calon PA PSDP Penerbangan TNI-AD,” harapnya.

Dia juga mengatakan, di segi disiplin, dari awal SMK Penerbangan SPAN Padang ini sudah semimiliter, karena SMK ini ada kerja sama dengan Batalyon Inf 133 Yudhasaksi. “Ke depannya, yang harus dipersiapkan pihak sekolah, yaitu menggenjot kesehatan, tinggi dan berat badan, serta nilai akademik para siswa,” ujarnya.

Kepala SMK Penerbangan SPAN Padang Ali Umar mengatakan, selama ini SMK Penerbangan SPAN Padang telah menghasilkan lulusan yang bisa bersaing secara global. Buktinya, sudah banyak lulusan SMK Penerbangan SPAN Padang ini bekerja di maskapai dalam negeri dan di luar negeri. “Ke depannya, kami akan menghasilkan lulusan yang lebih baik lagi,” ujarnya.

Tahun ini, lanjut Ali, 35 siswa kelas III SMK Penerbangan SPAN Padang, berhasil lulus Ujian Akhir nasional (UAN). “Saya berharap, mereka yang lulus ini bisa diterima bekerja sesuai dengan keahlian yang mereka miliki. Selain itu, juga ada yang bisa diterima di PA PSDP penerbangan TNI-AD,” harapnya. (di)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA