Date Jumat, 25 July 2014 | 07:37 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

Kebutuhan Rumah Guru Mendesak

Selasa, 22-05-2012 | 14:04 WIB | 158 klik

Dharmasraya, Padek—Untuk meningkatkan mutu pendidikan, haruslah didukung dari segala bidang. Tidak saja dengan keberadaan guru, kondisi sekolah yang memadai. Namun fasilitas guru seperti Rumah Dinas (Rumdis) untuk tempat tinggal guru juga harus tersedia dengan layak.

Namun, saat ini belum semua sekolah di Dharmasraya memiliki rumah dinas guru. Terutama sekolah-sekolah yang cukup jauh jarak tempuhnya dari kabupaten. Hal ini dialami oleh Sekolah Dasar 23 Pulau Punjung transmigrasi II Sungai Kambut.

Hal ini dibenarkan Kepala sekolah SD 23 Pulau Punjung, Taufik. Menurutnya, sekolah dibawah pimpinannya ituberdiri sejak 2007. Namun sampai sekarang belum juga memiliki rumah dinas guru. Padahal rumdis ini sangat dibutuhkan oleh tenaga pengajar yang tempat tinggalnya jauh dari lokasi sekolah.

“Kita berharap Pemkab mengalokasikan sebagian dana untuk pembangunan rumah dinas guru di sekolah tersebut,” kata Taufik.

Dikatakannya, kebutuhan rumdis ini sering dikeluhkan oleh para guru, terutama bagi guru yang tempat tinggalnya jauh dari lokasi sekolah.

”Jika musim panas mungkin mereka masih bisa mengulang dari tempat tinggalnya. Namun, jika turun hujan, jalan menuju kesekolah becek dan sulit untuk ditempuh,” ungkap Taufik.

Terpisah sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Ali Umar mengatakan, keluhan tersebut sudah sering didengar pihaknya.

”Namun untuk sekarang ini kita masih membutuhkan pembangunan ruang kelas baru bagi sekolah-sekolah yang ada. Jadi kita berharap kepada sekolah yang belum memiliki rumdis untuk bersabar,” harapnya. (ita)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA