Date Senin, 28 July 2014 | 15:17 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

Hari Ini, 14.594 Santri Ujian Akhir

Senin, 21-05-2012 | 13:39 WIB | 324 klik

Ujunggurun, Padek—Sebanyak 14.594 santri Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA), Madrasah Diniyah Wustha (MDW) dan Taman Pendidikan Quran (TPQ) secara serentak mengikuti ujian akhir, mulai hari ini (21/5) hingga Rabu (23/5). Pada hari pertama ini mata ujian yang diujikan Al Quran Hadis dan Akhlak.

Rinciannya, santri mengikuti ujian, TPQ 10.777 santri dan MDA/MDW 3.817 santri. Ujian yang diawasi langsung 213 tenaga pengajar MDA/MDW dan 320 tenaga pengajar TPQ itu dilaksanakan di 11 kecamatan se-Kota Padang.

Pada Senin, mata ujiannya adalah Al Quran Hadis dan Akhlak. Selasa adalah Fiqih dan Sejarah Kebudayaan Islam serta Rabu materi yang diujikan, Bahasa Arab. Ujian dilaksanakan dengan waktu 60 menit.

“Ujian akhir ini mengacu Perda No 6/2003 tentang Pandai Baca Tulis Al Quran. Di mana, anak-anak generasi muda Padang harus pandai baca Al Quran,” kata Kasi Peka Ponpes Kementerian Agama Padang, Kasmir, saat pendistribusian soal ujian MDA, MDW dan TPQ, kemarin.

Ujian akhir untuk MDA dan TPA ini adalah tahun ketujuh. “Nantinya, sertifikat yang diperoleh santri akan dipergunakan sebagai syarat pendaftaran masuk jenjang pendidikan SMP atau Madrasah Tsanawiyah,” ungkapnya.

Kasmir mengatakan, ujian akhir ini bersamaan dengan lomba Juzz Amma Kota Padang.

Ketua Forum MDA/MDW Kota Padang, Firdaus Gani mengatakan, ujian ini diperiksa secara komputerisasi sehingga hasilnya diharapkan benar-benar murni. (e)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA