Kamis, 17 April 2014 - 16 Jumadil Akhir 1435 H 22:28:14 WIB
RAKYAT SUMBAR

Longsor, Silaiang Macet 4 Jam

Longsor Solsel Timbun Jalan Pantai Cermin

Padang Ekspres • Sabtu, 21/04/2012 14:27 WIB • Yuwardi & Nenengsih • 658 klik

Padangpanjang, Padek—Hujan deras yang mengguyur Padangpanjang dan Solok Selatan sejak dua hari terakhir, Kamis (19/4) dan Jumat (20/4), menyebabkan longsor di dua daerah tersebut. Beruntung, tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Longsor di Padangpanjang menimbullkan kemacetan sepanjang 2 kilometer di Silaiangkariang.


Sementara longsor di Solsel, terjadi di kawasan Ulusuliti, Nagari Pakan Rabaa Utara, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD). Hingga tadi malam, Dinas PU bersama masyarakat di kedua daerah itu, masih berupaya untuk membersihkan material longsor. Di Silaiang, kemacetan terjadi hingga kawasan wisata Mega Mendung dan Bukit Berbunga.


Panjangnya antrean dari arah Sicincin dikarenakan penumpukan kendaraan di lokasi pengaspalan jalan di Kandangampek. ”Material longsor di Silaiangkariang tidak sebanyak beberapa waktu lalu.


 Kali ini, badan jalan hanya tertimbun sebagian oleh material tanah, kerikil dan pohon-pohon kecil,” ujar Kapolresta Padangpanjang, AKBP Sofyan Hidayat.


Mengatasi kemacetan panjang, polisi lalu lintas menerapkan sistem buka tutup saat alat berat bekerja membersihkan material longsor. Namun, kinerja alat berat tak maksimal. Karena sudah tua, alat berat harus dimatikan dua kali untuk mendinginkan mesin. Arus kendaraan sudah mulai lancar, tiga jam kemudian, pukul 15.00 WIB.


Di Solsel, longsor juga menimbun jalan raya Pantai Cermin, Solok. Pantauan Padang Ekspres, Jumat (20/4) sekitar pukul 08.30, material longsor berupa tanah perbukitan masih menumpuk di jalan raya. Masyarakat setempat bahu membahu membersihkan badan jalan dari material longsor.


Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solok Selatan, Mukhnizen menyebutkan longsor di Ulusuliti sebenarnya telah tejadi sejak Minggu (15/4). ”Kami stand by di sini, melakukan pemantauan, agar dapat segera mengambil tindakan jika terjadi hal buruk,” tuturnya.


Sementara itu, longsor di jalan Pantai Cermin, Solok, menimbun sebagian badan jalan tertutup. Dinas PU mengerahkan satu unit alat berat yang menyebabkan arus lalu lintas sedikit macet. (*)

[ Red/Redaksi_ILS ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Presiden Baru, Pesawat Baru

AKHIRNYA Indonesia memiliki pesawat kepresidenan. Pesawat jenis Boeing Business Jet 2 (BBJ2) 737-800 kebiru-biruan itu kini sudah parkir di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta. Momentum datangnya pesawat kepresidenan itu juga tepat, yakni saat Indonesia menghadapi suksesi kepemimpinan. Pesawat yang memiliki rentang sayap 35,79 meter, tinggi 12,50 meter, dan panjang 38 meter tersebut akan dinikmati presiden ketujuh Republik Indonesia.

TNKB Belum Tersedia

Direktorat Lalulintas Polda Sumbar minta maaf atas belum tersedianya Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). Kalau nanti TNKB sudah dikirim dari Korlantas Mabes Polri, pemilik kendaraan bermotor tidak perlu lagi membeli, sehubungan sewaktu membayar pajak perpanjangan STNK dan kendaraan baru sudah dibayar. Sekaitan dengan hal tersebut seluruh anggota Polantas di Polda Sumbar tidak perlu mempermasalahkan ada TNKB yang mati.

Selasa, 15 April 2014

Caleg Cemas Dicurangi

Indak usah dicamehan lai, Pak.......................!

 

Apoteker masih Terabaikan

Jan lo sampai tebang pilih, Pak.......................................!

 

UN Dipantau CCTV

Tapi baa kok bisa juo siswa caliak kunci jawaban tu, Pak.....................!