Date Sabtu, 2 August 2014 | 05:30 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

Uda-Uni Emban Tugas Berat

Jumat, 29-04-2011 | 14:35 WIB | 369 klik

Mereka melewati serangkaian tes mencakup kemampuan bahasa, pemahaman bUdaya Solok dan keluasan wawasan.
Kepala Dinas KebUdayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Solok Jasman Rizal menyatakan 56 calon Uda dan Uni tersebut telah mulai menjalani serangkaian tes menjelang pemilihan puncak, 24-25 April lalu. Mereka dinilai layak bersaing dengan peserta lainnya. Dan akhirnya kontes tersebut melahirkan peserta terbaik dan akan menjadi andalan Kabupaten Solok mempromosikan pariwisatanya.


“Pemilihan Uda Uni di Kabupaten Solok merupakan program rutin Disbudpar yang memilih duta wisata di Kabupaten Solok. Di samping menilai kegagahan dan kecantikan paras wajah, juga dinilai berdasarkan etika, mampu berbahasa Inggris dan Minang, menguasai bUdaya Solok dan Minangkabau, dan memiliki wawasan yang luas,” ujarnya.


Jasman juga menyatakan hal yang paling penting dalam beberapa item tersebut, Uda-Uni harus menguasai bUdaya Solok dan Minang, karena ke depannya Uda-Uni tersebut akan dijadikan duta wisata yang akan mempromosikan wisata dan bUdaya Solok. Di samping itu, mereka juga akan bersaing dalam pemilihan Uda Uni Sumbar beberapa waktu mendatang. Sehingga, diharapkan pemenang adalah mereka yang mampu dibanggakan daerah.


“Kita harapkan Uda dan Uni ini mampu bersaing dengan Uda dan Uni lainnya di seluruh daerah di Sumbar. Di samping itu, mereka juga akan menjadi duta wisata yang akan mempromosikan pariwisata di Kabupaten Solok ke daerah lain baik di Sumbar maupun nasional dan mancanegara,” lanjutnya.


Uda dan Uni Kabupaten Solok tahun ini dipastikan akan memikul beban berat sebagai duta pariwisata Kabupaten Solok. Pasalnya, Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata (Asita) Sumbar telah mem-blacklist beberapa objek wisata yang ada di Kabupaten Solok. Di antaranya kawasan wisata Danau Kembar yang telah masuk daftar hitam. Sebagai Uda dan Uni, mereka harus mampu mengangkat kembali pariwisata di Kabupaten Solok.


“Uda dan Uni nantinya diharapkan bisa mengangkat kembali pariwisata Kabupaten Solok sehingga bisa menjadi salah satu tujuan wisata utama di Sumbar. Itu adalah tanggung jawab yang paling dekat yang akan mereka pikul,” lanjutnya.


Selain pemenang Uda dan Uni Kabupaten Solok tahun ini, Disbudpar juga memilih Uda dan Uni favorit dan Uda-Uni Talenta. Mereka juga akan menjadi sebuah tim untuk mempromosikan pariwisata di Kabupaten Solok (rzy)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA