Date Jumat, 25 July 2014 | 17:37 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

POM AL Razia Atribut TNI

Kamis, 29-03-2012 | 12:24 WIB | 236 klik

M Thamrin, Padek—Polisi Militer Angkatan Laut (POMAL) Lantamal II Padang, Selasa (27/3), melaksanakan operasi Gaktib (penegakan ketertiban) terhadap atribut atau lambang TNI yang dipasang secara sembarangan pada kendaraan milik pribadi. Dalam operasi Gaktib ini disita puluhan stiker dari kendaraan roda empat maupun dua.


”Kegiatan ini akan terus dilaksanakan di lokasi berbeda. Diduga marak kendaraan milik pribadi baik anggota TNI maupun warga sipil memasang stiker atau lambang TNI tersebut secara sembarangan,” kata Komandan Pomal Lantamal II Mayor Laut (PM) Gokdin Gultom, saat memimpin kegiatan operasi Gaktib di sekitar Jalan M Thamrin, Padang.


Menurut Gokdin Gultom, penertiban ini sesuai perintah pimpinan TNI dari pusat dan Komandan Lantamal II. Sebab, lambang TNI banyak digunakan dan menyalahi aturan, khususnya stiker yang sering ditempel pada badan kendaraan roda empat maupun roda dua ataupun pelat nomor kendaraan.


Sesuai aturan, lambang TNI atau stiker hanya boleh dipasang pada kendaraan dinas, bukan kendaraan pribadi. Hal ini juga dilakukan sebagai antisipasi penyalahgunaan atribut TNI oleh warga sipil dengan mengaku-ngaku sebagai tentara.


”Diimbau juga pemilik toko yang menjual atribut TNI agar memperketat penjualan. Dengan cara harus memperlihatkan kartu identitas sebagai anggota TNI,” tukasnya. (a)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA