Date Sabtu, 26 July 2014 | 12:06 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Pemerintahan

Car Free Day Diisi Kegiatan Olahraga

Jalan Sudirman Bebas Kendaraan

Senin, 12-03-2012 | 13:08 WIB | 425 klik
Jalan Sudirman Bebas Kendaraan

car free day: Wali Kota Bukittinggi Ismet (paling kiri) melakukan senam pagi be

Bukittinggi, Padek—Sejalan dengan program dunia dalam mengurangi emisi gas kendaraan, Pemko Bukittinggi menjadikan lapangan Wirabraja dan sekitarnya sebagai kawasan car free day (hari bebas kendaraan) dengan berbagai ajang olahraga bagi warga dan pengunjung, khususnya setiap hari libur atau minggu.


Seperti Minggu (11/3) pagi kemarin, Wali Kota Bukittinggi H Ismet Amzis, dan Ketua DPRD, H Rahmat Aris, memimpin berbagai kegiatan car free day tersebut. Selain senam, kegiatan yang juga diikuti unsur Muspida, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan masyarakat, berupa senam pagi dan futsal.


Penerapan hari bebas kendaraan itu, menurut wali kota dan ketua DPRD, sejak beberapa waktu lalu Pemko Bukittinggi sudah menetapkan ruas jalan serta lapangan Sudirman, menjadi car free day, yang dilaksanakan setiap hari Minggu pekan kedua.


Kegiatan yang dilaksanakan Minggu (11/3) pagi kemaren itu, dimulai dengan senam pagi langsung dipimpin Wali Kota Bukittinggi, H. Ismet Amzis, dan Ketua DPRD, H. Rahmat Aris, bersama oleh unsur Muspida, Kepala SKPD dan ratusan warga, dan menjadi kawasan tersebut sebagai ajang kegiatan berbagai jenis olahraga.


Usai senam pagi yang diikuti juga oleh pengurus dan anggota Yayasan Jantung Indonesia Bukittinggi, Walikota, Ketua DPRD, Muspida dan Kepala SKPD melakukan permainan futsal di ruas jalan raya Sudirman yang cukup lebar tersebut.


“Melalui car free day dengan berbagai kegiatan ini, pemerintah kota beserta instansi lintas sektoral, sekaligus merupakan wahana untuk melakukan pendekatan dan berkomunikasi pemimpin dengan warga kota khususnya,” kata wali kota dan ketua DPRD tentang manfaat kegiatan tersebut.


Ketua DPRD Kota Bukittinggi, Rachmat Aris menambahkan, waktu jalanan bebas kendaraan di jalan Sudirman Bukittinggi, diperpanjang satu jam dari biasannya; dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB. Hal ini ditujukkan untuk memenuhi kepuasaan masyarakat untuk berolahraga saat, sehingga masyarakat sedikit lebih panjang bisa menikmati jalanan untuk berolahraga.


Selain itu, dengan kesibukan para pejabat atau mungkin juga sebagian warga, kesempatan pada car free day itulah mereka dapat melakukan kegiatan olahraga, yang sebetulnya sudah menjadi kebutuahan setiap manusia. (rul/fd)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA