Date Sabtu, 26 July 2014 | 05:17 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

Rambah Hutan Lindung jadi Jalan

Bos Tambang Ditahan

Selasa, 28-02-2012 | 10:02 WIB | 545 klik
Bos Tambang Ditahan

Bos Tambang Ditahan

Padang, Padek—Diduga melakukan perambahan hutan lindung tanpa izin Kementrian Kehutanan, Dirut PT Panca Sona Parlindungan Siliwangi Manurung, 51, ditahan di sel Mapolresta Padang, Senin (27/2). Dia sebelumnya dijemput paksa ke Jakarta oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumbar, Sabtu (25/2), setelah tiga kali mangkir.


Demikian diungkapkan Kabid Humas Polda Sumbar, AKBP Mainar Sugiarto kepada Padang Ekspres, kemarin. Tersangka dalam hal ini, memerintahkan anggotanya untuk membuka jalan setapak menjadi jalan baru dengan lebar 8-12 meter sepanjang 9,5 km dari Nagari Rangkiang Luluih III Lurah menuju Nagari Kapijan Rimbo Datar, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok sebelum mendapatkan izin pemanfaatan hutan dari Kementerian Kehutanan RI.


Jalan tersebut digunakan tersangka untuk membawa bijih besi keluar. Dengan adanya pembukaan jalan di kawasan hutan, Dinas Kehutanan Sumbar melaporkan hal tersebut ke Kemenhut.


Seterusnya, Kemenhut melapor ke Kapolri, sampai akhirnya Kapolda Sumbar memerintahkan Direskrimsus Polda untuk melacaknya.
Hasil lacakan di lapangan, termasuk peta dari Dinas Kehutanan Sumbar, kawasan yang dijadikan jalan oleh PT Panca Sena merupakan hutan lindung. Ini berdasarkan keterangan saksi-saksi dari Dinas Kehutanan dan masyarakat sekitar.
Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka kini ditahan di sel Mapolresta Padang. (*)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA