Date Selasa, 29 July 2014 | 21:47 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Olah Raga

Balon Ketua Mengapung

PSSI Sumbar Dibekukan

Jumat, 24-02-2012 | 14:35 WIB | 376 klik

Padang, Padek—Pengprov Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Sumbar akhirnya dibekukan PSSI. Ini setelah dikeluarkannya surat no. Skep/23/JAH/00/2012 tentang pembekuan kepengurusan PSSI Sumbar periode 2009-2013 yang diterima induk organisasi olahraga sepakbola tertinggi di Sumbar itu dari PSSI melalui faksimili, Selasa (21/2).


Pembekuan itu dikarenakan PSSI Sumbar dianggap dengan sadar dan sengaja telah melanggar statuta, dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang mendukung organisasi lainnya diluar PSSI. Organisasi lainnya yang dimaksud adalah Komite Penyelamat Sepakbola Indonesia (KPSI) di bawah komando Toni Apriliani yang kini dinilai sedang berupaya untuk menggulingkan PSSI.


“Bukan kami saja yang dibekukan. Kabarnya ada sekitar 20 Pengprov lainnya yang juga dibekukan. Sekarang kita tunggu saja bagaimana hasil kongres KPSI tanggal 18 Maret nanti,” kata Ketum PSSI Sumbar Armyn An kepada Padang Ekspres di ruang kerjanya, Kamis (23/2).


Disebutkannya, tidak gampang untuk membekukan suatu Pengprov karena mereka dipilih berdasarkan keinginan dari masing-masing anggotanya. Untuk Sumbar saja ada sebanyak 19 Pengcab dan 23 klub sepakbola. “Kepada mereka lah kami akan mempertanggungjawabkan kinerja kami selama ini,” sebut Armyn An.


Selain menerima surat pembekuan, juga diterima SK PSSI no. Skep/33/JAH/II/2012 tentang penunjukan tiga orang carateker (pelaksana harian); Aldias Sastra, Nusyirwan Zakaria dan Yulius Dede untuk melaksanakan tugasnya di kepengurusan PSSI Sumbar yang baru terhitung tanggal 19 Febuari 2012.


Kepada carateker itu diberi tanggung jawab melaksanakan tugas sehari-hari sesuai dengan Pedoman Dasar Pengprov terutama mengorganisir pelaksanaan Musdalub PSSI Sumbar paling lambat 26 Juli 2012.


Penunjukan ketiga carateker itu atas usulan dan saran melalui surat PSSI Sumbar no.65/ORG.00.007/li02012 tertanggal 15 Febuari 2012 yang bukan ditandatangani Armyn An, melainkan anggotanya yakni bidang kompetisi PSSI Sumbar, Nusyirwan Zakaria dan biro wasit Yulius Dede. “Saya tak perlu menjawabnya. Anda bisa analisa sendiri surat itu,” tegas Sekum Sudirman.


Selain itu, juga diterima undangan bagi ketiga carateker untuk mengikuti Kongres PSSI yang rencananya akan dilaksanakan di Palangkaraya, Kalteng, pada 18 Maret mendatang.


Balon Ketua Mengapung
Terkait dengan pembekuan pengurus PSSI Sumbar itu, sejumlah bakal calon (balon) ketua mulai mengapung. Informasi yang didapat Padang Ekspres dilapangan, sejumlah nama yang mengapung diantaranya Dirut PT Kabau Sirah Semen Padang (KSSP), Komisaris Utama PT KSSP Toto Sudibyo dan Daconi.


Salah seorang kandidat, Toto Sudibyo terkait keinginannya mengatakan, semua itu diserahkan kepada anggota, siapa menurut mereka nantinya yang terbaik untuk menduduki tampuk kepengurusan sepakbola Sumbar ke depannya.

“Jabatan itu adalah amanah, jadi kita serahkan saja kepada para anggota. Siapa nantinya menurut mereka yang layak untuk memimpin, kita mendukung saja,” katanya sedikit mengelak. Sementara, Erizal Anwar mengatakan masih pikir-pikir dulu.(*)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA