Date Jumat, 1 August 2014 | 10:44 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

312 Siswa SMKN 9 Uji Kompetensi

Selasa, 21-02-2012 | 12:13 WIB | 361 klik

Bundokanduang, Padek—Siswa SMK untuk mendapatkan ijazah kelulusan tidak hanya cukup menguasai potensi akademik dengan ukuran ujian nasional (UN). Uji kompetensi juga menjadi tolok ukur siswa kejuruan ini untuk lulus.


Seperti di SMKN 9 Padang, sekolah berbasis pariwisata ini, melaksanakan uji kompetensi 20-23 Februari. Uji ini dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata Nusantara, Bandung.


Director LSP Pariwisata Nusantara, Imam Hudaya menjelaskan uji kompetensi sesuai dengan standar nasional. Meski yang di uji siswa SMK, standar yang diterapkan sama dengan yang diterapkan dengan pekerja pariwisata lainnya. Jadi standar yang diberlakukan, standar seperti yang ada di industri wisata profesional.


“Jadi sertifikasi ini, modal siswa untuk mendapatkan pekerjaan. Peluang akan terbuka besar bagi pemegang sertifikasi ini. Untuk siswa ini, tidak ada perbedaan pelaksanaan ujinya,” imbuhnya.


Imam menambahkan LSP Pariwisata Nusantara baru pertama kali melakukan sertifikasi pada SMK negeri untuk mendapatkan sertifikasi ini. Biasanya, perusahaan yang ingin kinerja karyawannya teruji.


Kepala SMKN 9 Padang, Raymond menjelaskan 312 siswa yang berada di tingkat akhir mengikuti uji kompetensi. Pemilihan LSP Pariwisata Nusantara ini dipilih untuk memperbaiki mutu sekolah yang dipimpinnya. “Dengan menggunakan standar nasional diharapkan kemampuan yang telah dibekali sejak sekolah memang teruji,” harap Raymond. (e)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA