Date Sabtu, 2 August 2014 | 15:35 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Peristiwa

Februari, Marapi Meletus 41 Kali

Senin, 20-02-2012 | 13:03 WIB | 438 klik

Bukittinggi, Padek—Sejak ditetapkannya status Gunung Marapi waspada level II oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) enam bulan lalu, aktivitas gunung setinggi 2.891 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut terus mengalami fluktuatif.


Buktinya, dalam bulan Februari 2012 ini sudah tercatat 41 kali letusan dengan menyemburkan abu vulkanik. Walau meletus 41 kali, pihak PVMBG menyebut, saat ini aktivitas Gunung Marapi cendrung menurun.


“Dibanding bulan-bulan sebelumnya, aktivitas Gunung Marapi saat ini cenderung menurun, kendati hingga kemarin, sudah tercatat 41 kali letusan,” ujar kepala PVMBG Bukittinggi, Suparmo kepada wartawan, kemarin (19/2) di kantornya Belakang Balok Bukittinggi.


Kendati terdeteksi menurun, Suparmo belum berani menyampaikan kapan status gunung Marapi statusnya akan diturunkan. Sebab, level waspada II ini sudah ditetapkan sejak enam bulan lalu, tepatnya 3 Agustus 2011.


“Ya menunggu pusat, sebab perkembangan gunung Marapi ini setiap saat dilaporkan ke pusat,” jelasnya sembari menambahkan bahwa saat ini pihaknya telah memasang alat pencatat aktivitas Gunung Marapi di ketinggian 2 ribu meter di Nagari Batupalano dan 1500 meter di daerah Lasi.


Pengamatan Padang Ekspres di lapangan, masyarakat sekitar kaki Gunung Marapi, tidak terpengaruh sedikitpun dengan aktivitas gunung apakah meletus atau tidak. Masyarakat tetap melakukan aktivitasnya seperti biasa, seperti ke sawah atau ke ladang. (edi)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA