Date Selasa, 29 July 2014 | 19:42 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Ekonomi Bisnis

Bisnis Dunia Maya Terbuka Lebar

Jumat, 06-01-2012 | 11:45 WIB | 332 klik
Bisnis Dunia Maya Terbuka Lebar

KEWIRAUSAHAAN: CEO Brain Matic Jakarta, Romi Satria Wahono, dalam diskusi kewira

Padang, Padek—Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membuat ide kreatif bermunculan. Salah satu yang bisa diterapkan mempromosikan satu produk dengan memanfaatkan jaringan internet.

Toko yang sering disebut toko online hampir menyediakan seluruh informasi kebutuhan, baik produk maupun produksi yang dikeluarkan perusahaan terkenal.


“Internet tidak lagi digunakan mencari sesuatu pengetahuan saja, tapi sudah banyak dijadikan ajang promosi, berdagang yang tentunya dapat menghasilkan keuntungan,” ujar vendor ilmukomputer.com yang juga CEO Brain Matic Jakarta, Romi Satria Wahono, dalam diskusi kewirausahaan di depan ratusan mahasiswa STMIK-AMIK Jayanusa Padang, kemarin (5/1).


Dalam diskusi bertema “Start up for IT Profesional”, pria berusia 37 tahun ini menyampaikan bagaimana suatu usaha dibangun memanfaatkan kemajuan IT. Untuk mempromosikan usaha ini tidak perlu mengeluarkan dana besar. Bahkan ada program gratis yang dapat digunakan.


Romi menambahkan untuk promosi di internet, bisa digunakan sistem blog atau mengunakan layanan berbayar dengan Rp100 ribu, produk sudah bisa dipamerkan. Untuk memamerkan ini tentu memiliki trik tersendiri dalam mengemasnya agar terlihat menarik. Salah satu caranya menampilkan protofolio dan memajang iklan.


Bahkan untuk jaringan informasi, bisa juga memasang iklan dan itu akan mendapatkan keuntungan tersendiri bagi pemilik situs tersebut.
“Saat ini di Indonesia hampir 100 juta pengguna layanan internet, dan menggunakan aplikasi seperti jejaring sosial. Sedangkan di dunia, sudah menembus angka 2 miliar pengguna internet.

Kesempatan itu harus dimanfaatkan mahasiswa apalagi yang memiliki basic pendidikan IT untuk membuka usaha dan mulai berbisnis,” ujarnya seraya mengatakan tinggal keinginan saja untuk memanfaatkan kesempatan yang terbuka lebar dan mampu mendongkrak perekonomian. Jadi, banyak manfaat dirasakan dari internet.


Ketua Yayasan Bina Manajemen Informatika, Irwan Kinun menjelaskan seminar ini agenda rutin STMIK Jayanusa. Seminar ini akan ditutup seminar kewirausahaan pada hari Sabtu, (7/1) yang membahas tentang mobile phone. (e)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA