Date Selasa, 29 July 2014 | 11:36 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Pemerintahan

3 Madratsah Sehat, Kepala SMAN 2 Dinilai

Kemenag Sumbar Sediakan 1.124 Beasiswa

Rabu, 21-12-2011 | 13:08 WIB | 373 klik
Kemenag Sumbar Sediakan 1.124 Beasiswa

Bersama: Kakanwil Kemenag Sumbar H Ismail Usman, saat berkunjung ke Payakumbuh b

Payakumbuh, Padek— Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat, menyediakan 1.129 beasiswa miskin dan beasiswa berprestasi, buat murid-murid Madratsah Ibtidaiyah (MI), Madratsah Tsanawiyah (MTs) dan Madratsah Aliyha (MA) di Kota Payakumbuh.


Beasiswa senilai Rp761,56 juta itu diserahkan Kanwil Kemenag Sumbar H Ismail Usman, saat berkunjung ke Payakumbuh, Selasa (20/12) siang. Penerima beasiswa miskin berjumlah 1.079 orang, sedangkan penerima beasiswa berprestasi sebanyak 45 orang.


Kakan Kemenag Payakumbuh Bustari yang mendampingi Ismail Usman mengatakan, beasiswa miskin diberikan dalam tiga tingkat. Untuk tingkat MI menerima Rp360 ribu per siswa, tingkat MTS Rp720 per siswa, dan MA sebanyak Rp760 per siswa.


"Murid MI yang dapat beasiswa miskin 105 orang, siswa madratsah 412 orang, dan siswa 562 orang. Sedangkan untuk beasiswa berprestasi, siswa MI dapat Rp900 Ribu, siswa MTS juga dapat Rp900 ribu, dan siswa MA dapat Rp1,2 juta," ujar Bustari.


Selain menyerahkan beasiswan, Kakanwil Kemenag Sumbar Ismail Usman juga berkunjung ke MAN 2 dan SMKN 2. Di MAN 2 Payakumbuh, Ismail juga meresmikan pemakaian alat bantu visual dan membuka kegiatan Gema Muharam.


Sedangkan di aula SMKN 2, Ismail bersilaturahmi dengan seluruh jajaran Kemenag Payakumbuh di bawah pimpinan H Bustari. Silaturahmi itu juga dihadiri Sekko H Irwandi Datuak Batujuah, Ketua MUI H Mismardi, Ketua Pengadilan Agama H Arinal.


Di SMKN 2, Ismail meminta jajaran Kemenag merapatkan barisan dan menjadi suri teladan, dalam meningkatkan syiar agama Islam di tengah masyarakat. “Kita tak akan pernah dihargai masyarakat, jika sampai terjadi pagar yang memakan tanaman,” tegasnya.


Sekko Payakumbuh Irwandi mengapreasiasi kunjungi Ismail Usman, untuk mempererat hubungan jajaran pemko dengan jajaran Kemenag. Selama ini menurut Irwandi, hubungan kedua pihak terjalin harmonis, sehingga usaha mewujudkan SDM berkualitas, beriman dan bertagwa berjalan mulus.


"Perhatian pemko dalam membangun warga yang berkepribadian, beriman dan bertaqwa, bukan sekedar retorika, tapi diwujudkan dalam bentuk alokasi dana bidang keagamaan yang cukup tinggi. Sampai-sampai guru TPA, garin masjid dan penyuluh agama, diberi intensif oleh pemko, " ujar Irwandi.


Masih terkait dengan kegiatan Kementerian Agama, Selasa siang, tim Kementerian Agama Pusat datang ke SMAN 2 Payakumbuh, untuk menilai Kepala SMAN 2 H Yunaidi yang mewakili pulau Sumatera, dalam lomba Kepala Sekolah Berprestasi Peduli Pendidikan Agama Islam.


Sebelum menilai, tim sempat dijamu makan siang oleh Sekko Irwandi, Kepala Dinas Pendidikan Edvianus, Kabag Humas Jonn Kennedi, Kabid SLTP/SLTA Azwardi, Kepala SMA 2 Yunaidi, Ketua Komite Ali Amran. Selain SMAN 2, MAN 2 Koto Nan Ompek beberapa waktu sebelumnya juga dinilai dalam Lomba Madratsah Sehat.


Bersamaan dengan MAN 2 Payakumbuh, MIN Parambahan di Kecamatan Lamposi Tigo Nagari juga mengikuti lomba Madratsah Sehat mewakili Payakumbuh. Sedangkan, Kabupaten Limapuluh Kota di wakili MIN Ampek Suku, Nagari Tungka yang memang sudah lama membudayakan hidup bersih dan sehat. (frv)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA