Date Jumat, 25 July 2014 | 05:59 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Nasional

Manjakan Konsumen dengan Service Excellent

Melirik Dealer Mitsubishi PT Suka Fajar Ltd

Senin, 18-04-2011 | 11:37 WIB | 1195 klik

Gedung dua lantai yang menjadi kantor pusat PT Suka Fajar di jalan Veteran No.14 Padang terlihat sibuk dengan aktivitas bisnis otomotif. Show room dengan jaringan terluas di Sumbar yang rintis putra daerah ini perlahan terus mengembangkan sayap dalam memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap alat transportasi.


“Dari sinilah kita mulai memberikan service excellent untuk konsumen dan dari sini pulalah usaha otomotif yang kami pimpin mulai mengembangkan sayap hingga ke empat provinsi di Sumatera,” ujar General Manager Asistant PT Suka Fajar, Yuta Zairin Kasim.


Service Exellen Lewat 3 S
Apa beda Suka Fajar dibandingkan dengan dealer mobil yang lainnya? Jawabannya sederhana sekali 3 S yakni Sales, Service dan Spare Part.
Untuk sales, Suka Fajar menggunakan tenaga marketing yang betul bisa memahami produk yang ditawarkan dan bisa pula memahami dengan baik siapa calon konsumennya.


”Khusus untuk sales ini kita tak berhenti sampai pada proses penjualan saja. Namun, Suka Fajar memberlakukan pelayanan berlapis ketika transaksi mulai terjadi,” ujar Yuta Zairin.


Layanan prima dilanjutkan ketika unit (kendaraan-red) sudah sampai ditangan konsumen. Di sini Suka Fajar memback-up dengan penjelasan oleh teknisi tentang fungsi dari setiap alat yang terdapat pada unit tersebut terutama fungsi-fungsi emergensi jika di lapangan konsumen menghadapi masalah. Di samping itu Suka Fajar juga memback-up konsumen dengan pola dan bentuk service yang harus dilakukan. Apakah itu dimasa free service maupun pra service.


”Ini kita lakukan agar pemilik kendaraan memiliki pengetahuan yang cukup tentang kendaraan yang dimiliki. Termasuk dalam hal service rutin terhadap kendaraan,” ucap alumni Australia ini.


Usai memaparkan teknis perawatan konsumen juga dibekali dengan pengetahuan tentang spare part. Di sini kita memberikan informasi tentang peralatan dan asesoris yang pantas dan tepat digunakan tanpa menimbulkan masalah bagi unit kendaraan di masa mendatang.
Bengkel


Meski unit sudah berada di tangan konsumen, bukan berarti hubungan Suka Fajar dengan konsumen terputus. Namun, data base konsumen yang sudah bertransaksi akan bermigrasi. Pihak bengkel inilah nantinya yang selalu mendampingi konsumen dengan informasi dan petunjuk kendaraan.


Untuk mengingatkan konsumen, Suka Fajar secara berkala menghubungi konsumen untuk menjelaskan bahwa kendaraan sudah harus melakukan perawatan. ”Langkah ini dilakukan agar konsumen tidak lupa dengan perawatan unit karena kesibukan aktivitas konsumen,” ujarnya.
Bagaimana dengan tenaga teknis atau mekanik? Khusus tenaga mekanik Suka Fajar tak mau sembarang. Setiap tenaga mekanik sudah mendapat sertifikat dari Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM). Dan setiap bengkel ini dikomandoi seorang pimpinan mekanik yang sudah memiliki sertifikat advance alias tertinggi dari ATPM.


Tak sampai disitu, untuk menciptakan pelayanan prima Suka Fajar pun menyediakan service car. Service car ini diperuntukan bagi konsumen kita yang tak sempat atau tak bisa datang ke work shop kita untuk merawat kendaraannya.


Training Sopir
Pelayanan terhadap konsumen tak putus hanya sampai pada pemilik unit atau kendaraan oleh manajemen Suka Fajar. Buktinya, selain pemilik unit yang diberi bekal ilmu perawatan kendaraan manajemen Suka Fajar juga melakukan training berkala untuk sopir. Training dibimbing langsung oleh tenaga mekanik PT Suka Fajar.


Ada banyak ilmu serta tips yang diberikan untuk para sopir ini, mulai dari yang sederhana hingga terkait tindakan darurat di lapangan jika kendaraan ada masalah.


Spare Part
Komponen Service Excellent ketiga yang menjadi karakter Suka Fajar adalah spare part. Spare pare masuk salah satu pertimbangan utama ketika seorang konsumen akan membeli.


”Khusus untuk produk mitsubishi spare partnya sangat gampang didapatkan. Bahkan spare part produk mitsubishi ini menyebar hingga ke pelosok negeri di sumbar ini. Selain itu guna memberikan jaminan layanan purna jual manajemen Suka Fajar pun menyediakan dengan lengkap spare part Mitshubishi,” ujarnya.


Data Terkoneksi
Pelayanan terhadap produk Mitsubishi ini tak hanya dilakukan oleh Suka Fajar saja. Bahkan Kramayudha Tiga Berlian (KTB) selaku ATPM memberikan perhatian pada setiap unit yang ada di konsumen. Seluruh unit yang terjual akan terdata dan terdaftar di Kramayudha Tiga Berlian sehingga data ini akan bisa diakses oleh seluruh dealer Mitsubishi. Data yang terkoneksi ini pulalah yang membuat jasa pelayanan bisa dilakukan dimana saja, sepanjang di kawasan itu ada dealer Mitsubishi.


Konsen di Produk Niaga dan Pasengger
Selaku dealer resmi, Suka Fajar konsen menyediakan dua cluster jenis kendaraan mitsubishi yakni kendaraan niaga dan pasengger atau kendaraan pribadi. Di Sumbar antara kendaraan niaga dengan pribadi sama-sama mendapat respons yang baik. Kedua cluster itu memiliki maskot sendiri-sendiri.


Beberapa tahun terakhir Suka Fajar mampu menjual kendaraan niaga ini di atas target yang ditetapkan. Khusus untuk kendaraan niaga ini biasanya diminati oleh coorporate untuk pertambangan, perkebunan, ekspedisi dan aktivitas ekonomi lainnya. Sementara untuk kategori kendaraan pribadi saat ini yang jadi maskotnya adalah Pajero Sport. (*)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA