Date Sabtu, 2 August 2014 | 13:33 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

Sari: Attitude, Personality Dinilai

Hari Ini, Audisi I Indonesian Idol

Sabtu, 03-12-2011 | 09:51 WIB | 1443 klik
Hari Ini, Audisi I Indonesian Idol

(*)

Padang, Padek—Kota Padang mendapat kehormatan menjadi lokasi kedua audisi Indonesian Idol 2012 untuk wilayah Sumatera yang sudah memasuki musim ketujuh sejak pertama kali digelar 2004 lalu. Ratusan peserta berusia 16-27 tahun diprediksi bakal mengikuti audisi Indonesian Idol 2012 di Universitas Putra Indonesia Convention Center, mulai hari ini (3/12) hingga Minggu (4/12).


Banyak kisah dan harapan para peserta tentunya yang ingin mengikuti jejak para jawara terdahulu.
Di antaranya Delon, Nania, Firman, Mike Mohede, Dirly, Iksan, Igo, Rini, Citra dan Windra. Berbagai tahapan harus dilalui para peserta, mulai dari audisi daerah sampai pada babak spektakuler.


”Tahap paling awal, pendaftaran dan seleksi daerah di kota masing-masing. Peserta yang lolos audisi Padang, akan dibawa ke Medan untuk bertemu dan dinilai langsung oleh juri utama,” kata Sari Rachtia, Publicity Officer and Marcomm Dept. RCTI, ketika berkunjung ke redaksi Padang Ekspres, kemarin.


Kedatangan pihak RCTI ini disambut Pemimpin Perusahaan Padang Ekspres Two Efly, Manajer Iklan dan EO Mukhtisar, Manajer Pemasaran Sarbidin dan Penjab Minggu Sanny Ardhy. Selain di Padang, audisi di Sumatera diselenggarakan di Palembang dan Medan. Sebelumnya telah dilaksanakan audisi Indonesian Idol, school audition dan street audition.


Terpilihnya Padang sebagai lokasi audisi tahun ini, kata Sari, mengaca pada audisi-audisi sebelumnya. Setiap kota yang ditunjuk sebagai lokasi audisi, seperti Medan dan Jakarta, animo remaja asal Padang mengikuti audisi tinggi. ”Bahkan, salah satu finalis Indonesian Idol tahun lalu, Windra asal Padang,” katanya.


Tak hanya itu, kata Sari, kreativitas seni musik di kalangan remaja Padang khususnya Sumbar pun cukup meningkat. ”Di sanalah, kami kepincut dan mengadakan audisi Indonesian Idol 2012 di daerah ini,” katanya.


Audisi Idol 2012 Spesial Hunt ini, tambah Sari, teknik pencarian bakat yang luar biasa di bidang menyanyi untuk pria wanita berusia 16-27 tahun dan belum punya rekaman album komersil. ”Indonesian Idol dikemas berbeda dengan memadukan reality singing contest dengan reality show yang akan membuat Indonesian Idol 2012 semakin menarik dan diminati,” katanya seraya mengatakan selain Spesial Hunt juga dilakukan School Audition dan Street Audition.


Sari menuturkan, kriteria penilaian juri untuk para peserta audisi Indonesian Idol 2012 tidak cukup hanya memiliki kualitas suara yang bagus, namun juga memiliki attitude dan personality yang baik sebagai syarat utama menjadi idola baru Indonesia. ”Seleksi awal di Padang akan dinilai oleh juri lokal. Peserta yang lolos akan dilakukan rekam video untuk menjadi bahan penilaian dari tim RCTI dan Fremantle Media. Setelah itu baru terpilih peserta yang berhak terbang ke Medan,” lanjutnya.


Dikatakan Sari, peserta yang lolos audisi tahap awal di Sumatera, akan dikumpulkan dan diseleksi langsung oleh juri utama di Medan. Ketika ditanya berapa yang akan dikirim ke Medan, Sari tidak bisa memastikannya. ”Tidak terbatas, kalau banyak yang bagus kita kirim,” ujarnya. Sedangkan peserta audisi yang lolos di Medan akan dikirim ke Jakarta untuk mengikuti audisi puncak sekitar Februari 2012.

Pendaftaran secara online di www,indonesianidol.com atau www.rcti.tv dan fomulir juga bisa digunting di Harian Padang Ekspres dan akan ditutup hari ini (3/12). (ril)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA