Date Kamis, 31 July 2014 | 06:16 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

Satpam jangan Rendah Diri

Jumat, 11-11-2011 | 13:11 WIB | 916 klik

Padang, Padek—Irwasda Polda Sumbar, Kombes Pol Wahyudin berharap para satpam tidak merasa rendah diri dan mau bekerja sama dengan TNI/Polri. Sebagai satuan tugas pengamanan langsung di bawah kendali Polda, satpam juga diharapkan mampu memberikan rasa nyaman dan ketenangan di lingkungan instansi/perusahaan swasta.


“Jika negeri ini aman, banyak multiplier effectnya. Investor akan berlomba-lomba menanamkan investasinya di Ranah Minang. Dampaknya, ke masyarakat juga. Masyarakat tambah sejahtera. Sebaliknya, jika banyak perusahaan merasa tak aman, maka ia akan lari dari daerah kita,” ujar Irwasda Polda Sumbar, Kombes Pol Wahyudin di sela-sela acara pembukaan pelatihan satpam Gada Pratama di SPN Padang Besi, Kamis (10/11).


Pelatihan tahap pertama ini diikuti 384 calon satpam. Terdiri 364 orang dari kabupaten/kota, 15 orang dari Jambi dan 5 orang dari Riau. Pelatihan ini berjalan selama 232 jam (1 bulan). Polri dalam hal ini mempercayakan penyelenggaraan pelatihan keamanan (satpam) di tingkat Polda Sumbar kepada Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) PT Andalan Mitra Prestasi, Padang.

Turut hadir, Ketua BPD Asosiasi Manager Security Indonesia (AMSI) Sumbar yang juga Dirut PT AMP, Tafyani Kasim dan sejumlah pejabat teras Polda. Tafyani mengatakan, saat ini satpam di Sumbar berjumlah kurang lebih 4.000 orang sudah tersebar di seluruh perusahaan.


Tafyani mengatakan, bagi calon satpam yang belum bisa mengikuti pelatihan gelombang pertama ini, bisa ikut dalam pelatihan gelombang II yang akan dilaksanakan Januari mendatang. Calon satpam dalam hal ini dapat mendaftar langsung ke kantor PT AMP, depan Taman Makam Pahlawan Lolong. (san)


“PT AMP bertekad memajukan industri sekuriti di Sumbar guna mendukung usaha perusahaan. Sebagai Ketua AMSI Sumbar, saya juga berharap satpam dapat menjadi lapis kedua Polri dalam menciptan keamaan dan ketertiban masyarakat,” tuturnya.


Guna meningkatkan kinerja, AMSI Sumbar juga rutin mengevalusi Sumber Daya Manusia (SDM) sekuriti, dan terus melakukan pembinaan-pembinaan. “AMSI dalam hal ini juga akan memberikan sosialisasi kepada manager-manager untuk lebih memperhatikan kesejahteraan anggota sekuriti serta menyamakan posisinya dengan karyawan-karyawan lain,” pungkasnya. (san)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA