Date Selasa, 29 July 2014 | 13:39 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Ragam Info

Sadari Diri dan Hormat Pada Guru

Senin, 11-04-2011 | 12:08 WIB | 235 klik

Guru harus bisa menjadi sahabat bagi murid. Menjadi sahabat mengandung beberapa hal yang penting, bukan hanya hubungan baik, tetapi komunikasi antara guru dan siswa. Masih sedikit guru yang dapat menjadi sahabat bagi murid/siswanya.


Kita Sadari bahwa menjaga wibawa adalah penting agar siswa tidak kurang ajar terhadap gurunya. Tetapi wibawa ini terkadang menjadi jurang pemisah antara guru dan siswa yang akhirnya menghambat proses komunikasi. Oleh karena itu dibutuhkan hubungan yang baik antara guru dan murid. Guru yang bisa mendekatkan diri dan bergaul dengan siswa, sering kali dinamakan guru gaul.


Istilah guru gaul muncul karena hanya sedikit guru yang dapat bergaul dengan siswanya. Selain mengikuti perubahan zaman, guru gaul ini juga harus mampu menyadari misinya sebagai guru. Guru gaul tidak harus menurunkan wibawanya di depan siswa. Jika guru memiliki kreatifitas, niscaya siswa juga akan senang bergaul dengannya tanpa harus berperilaku kurang ajar.Kita boleh mengikuti apa kehendak anak, tapi tidak mengurangi dan kode etik, serta aturan yang berlaku.


Bagi siswa harus bisa menghargai guru yang sudah mencoba melakukan perubahan dengan melakukan pendekatan pada siswanya. Jangan sampai perhatian dan kedekatan yang diberikan guru membuat kita kemudian menjadi kurang ajar dan tidak menghargai guru. Sadarilah, bahwa kita adalah anak didik, yang senantiasa harus hormat dan menghargai guru. (hijrah)


BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA