Date Sabtu, 2 August 2014 | 05:30 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kesehatan

PMI Prancis Bantu Tanggap Bencana

Senin, 10-10-2011 | 12:53 WIB | 390 klik

Bukittinggi, Padek—Palang Merah Prancis Bantu Palang Merah Indonesia (PMI) dalam penanganan tanggap bencana bagi warga kota Bukittinggi. Sasaran pelatihan tanggap bencana itu, warga di tiga kelurahan di pinggir Ngarai Sianok yang rawan bencana.


”Daerah Bukittinggi yang di pinggir Ngarai Sianok, daerah paling rawan bencana. Namun masyarakatnya hingga saat ini masih tetap menempati kawasan tersebut. Untuk itu dibutuhkan keterampilan tanggap bencana secara baik agar bisa meminimalisir risiko ketika terjadi bencana,” terang Ketua Bidang Relawan dan PMR PMI Bukittinggi, Hokriwal, akhir pekan lalu.


Tiga kelurahan seperti Auabirugo Tigo Baleh, Bukik Cangang dan Bukikapik, kelurahan yang berada paling pinggir ngarai.
”Semua kebutuhan dalam melaksanakan pelatihan itu, ditanggung Palang Merah Prancis. Dengan adanya kerja sama antara organisasi kemanusiaan ini, masyarakat di daerah-daerah rawan bencana tanggap dan mampu meminimalisir risiko ketika terjadi bencana,” ungkap guru SMAN 1 Bukittinggi ini.


Hokriwal mengatakan kontrak kerja sama tersebut akan berlangsung selam dua tahun. “Semua kebutuhan pelatihan termasuk alat pertolongan pertama yang dibutuhkan untuk menanggulangi bencana termasuk dalam kontrak kerja sama tersebut,” tukasnya. (fd)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA