Date Kamis, 31 July 2014 | 00:10 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

25.421 Wajib e-KTP Daftarkan Diri

Selasa, 04-10-2011 | 09:48 WIB | 391 klik
25.421 Wajib e-KTP Daftarkan Diri

(*)

Bypass, Padek—Sejak Program e-KTP dilaksanakan pukul 19 September lalu, sedikitnya 25.421 wajib e-KTP di Padang telah mendaftarkan diri. Kecamatan yang paling banyak memproses e-KTP terhadap warganya adalah kecamatan Padang Barat dengan jumlah 3.232 warga wajib e-KTP. Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Dispendukcapil ) Padang targetkan seluruh wajib KTP yang berjumlah 615.299 jiwa telah terdata dalam e-KTP pada tahun ini.


“Dari 11 kecamatan di Padang, kecamatan yang paling banyak warganya telah terdaftar dalam program e-KTP adalah Kecamatan Padang Barat sedangkan kecamatan yang paling sedikit warganya yang telah terdaftar dalam kegiatan e-KTP adalah Kecamatan Lubukkilangan.

Sejak 19 September-2 Oktober telah terdaftar 25.421 warga Padang tedaftar dalam program e KTP. Perlu saya tegaskan lagi, tidak ada biaya yang dikenakan pada masyarakat dalam pembuatan e-KTP. Bahkan setiap kecamatan telah saya tempelkan spanduk tidak dipunggut bayaran,” ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Vidal Triza kepada Padang Ekspres kemarin (3/10).


“KTP yang ada ditangan wajib KTP yang tersebar diseluruh kecamatan itu akan ditarik kembali. Selanjutkan akan diganti dengan e KTP. Pembuatan e-KTP tidak dipungut biaya alias gratis. Satu kecamatan mendapatkan 2 alat. Jika satu kecamatan jumlah wajib KTP-nya lebih dari 30 ribu orang, maka kecamatan itu akan mendapatkan bantuan pelatan berupa Komputer (PC)/laptop. Satu set alat dapat melayani sebanyak 150 orang yang melakukan pengurusan e KTP,” ucapnya.


Rincian perkecamatan warga yang telah terdaftar dalam dalam program e-KTP adalah Kecamatan Padangselatan sebanyak 1. 702 jiwa, Padangtimur 3.137 jiwa, Padangbarat 3.232 jiwa, Padangutara 2.214 jiwa, Bungus Telukkabung 1.707 jiwa, Lubukbegalung 3.008 jiwa, Lubukkilangan 1.620 jiwa, Pauh 2.303 jiwa, Kuranji 1.863 jiwa, Nanggalo 2.180 jiwa, Kototangah 2.455 jiwa.


“Kami targetkan, pendaftaran warga yang masuk dalam program e-KTP ini akan tuntas dalam tahun ini,” ucapnya
Vidal menyebutkan, ada beberapa manfaat e-KTP yaitu mencegah dan menutup peluang adanya KTP ganda dan KTP palsu, sehingga memberikan rasa aman dan kepastian hukum bagi penduduk, untuk mendukung terwujudnya database kependudukan yang akurat sehingga data pemilih dalam pemilu dan pemilukada yang selama ini sering bermasalah tidak akan terjadi lagi.


Manfaat lainnya, dapat mendukung peningkatan keamanan negara sebagai dampak positif dari tertutupnya peluang KTP ganda dan KTP palsu. Selama ini para pelaku kriminal termasuk teroris, TKI Ilegal dan perdagangan orang umumnya menggunakan KTP ganda dan KTP palsu.


KTP elektronik merupakan KTP nasional yang memenuhi ketentuan yang diatur UU Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan dan Perpres Nomor 26 tahun 2009 tentang Penerapan Kartu Tanda Penduduk Berbasis Nomor Induk Kependudukan secara Nasional. Sehingga berlaku secara nasional. Dengan demikian, mempermudah penduduk untuk mendapatkan pelayanan dari lembaga pemerintah dan swasta karena tidak lagi memerlukan KTP setempat.


Katanya, proses penerbitan e-KTP adalah penduduk wajib KTP datang dengan membawa surat panggilan mendatangi tempat pelayanan, petugas melakukan verifikasi data, petugas operator melakukan pengambilan dan perekaman pasfoto penduduk, petugas melakukan perekaman tanda tangan penduduk, petugas melakukan perekam seluruh sidik jari tangan penduduk, dimulai dari tangan kanan kemudian tangan kiri, petugas membubuhkan tanda-tangan dan stempel pada surat panggilan yang sekaligus sebagai tanda bukti penduduk telah melakukan perekam pasfoto, tandatangan dan sidik jari, penduduk pulang ke rumah masing-masing dan menunggu panggilan berikutnya untuk mengambil e-KTP.


“Itu alur proses penerbitan e-KTP. Saya minta warga mensukseskan program ini. Tanpa adanya dukungan dari masyarakat tentu program ini tidak akan berjalan dengan baik,” ucapnya. (ayu)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA