Date Rabu, 30 July 2014 | 16:02 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Kaba Kampuang

Barongsai Tjoa dan Kwa Padang Siap Berlaga

Kamis, 29-09-2011 | 15:54 WIB | 329 klik

Pondok, Padek—Tim Naga dan Barongsai Himpunan Keluarga Tjoa dan Kwa Padang akan mengikuti Festival Olahraga Nasioanal (Fornas) President Cup 2011, (8-9/10) di Lapangan Parkir Senayan, Jakarta. Dalam jadwalnya, Fornas ini akan diikuti sekitar 30 lebih tim yang berasal dari berbagai daerah.


Untuk mempersiapkan festival itu, tim yang diketuai Iswanto Kwara telah memulai latihan intensif sejak minggu lalu. Hampir setiap malam, tim yang berjumlah 12 orang ini melakukan latihan di perkumpulan Tjoa dan Kwa Padang di kawasan Pondok. Dalam festival itu, Barongsai ini akan memainkan cerita dengan judul Kalajengking.


Iswanto menambahkan, sebenarnya tim barongsai Tjoa dan Kwa Padang ini memiliki sekitar 20 orang lebih yang memiliki latar belakang berbeda-beda seperti pelajar, mahasiswa dan pekerja swasta. Tapi usia mereka ini rata-rata masih muda.


Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, tim barongsai ini dibantu oleh anggota Meng Kok Dragon dan Lion Dance Association, Lawrence Ng. Pria yang telah melalang buana dengan barongsai ini melihat penampilan tim keluarga Tjoa dan Kwa Padang sudah pantas diadu dengan tim lainnya.


Lawrence tidak perlu mengarahkan dari awal karena tim ini sudah memahami teknik permaianan barongsai sehingga hanya perlu dipertajam lagi. Untuk memenangkan festival ini, yang harus dilakukan tim ini adalah menjaga stamina.


”Stamina perlu dijaga untuk meraih kemenangan ini, kalau keterampilan tim ini sudah memiliki teknik yang bagus. Saya yakin, mereka ini akan menang,” imbuhnya. (e)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA