Date Jumat, 1 August 2014 | 06:38 WIB
member of Jawa Pos National Network (JPNN)

Home » Berita » Ragam Info

Lagu Nostalgia masih Eksis

Kamis, 22-09-2011 | 12:50 WIB | 440 klik
Lagu Nostalgia masih Eksis

Model: Nana (Mhs Unand Padang) Fotografer: Riki S Desain: Orta


sobeX kenal nggak dengan lirik yang satu ini?
Bukan aku tak tertarik
Akan kata rayuanmu
Saat matamu melirik
Aku jadi suka padamu

Tiap kali kau bermanja
Gemetar rasa di dada
Ingin kubisikkan cinta
Tapi hati jadi malu jadinya

Engkau masih anak sekolah, satu SMA
Belum tepat waktu tuk begitu begini
Anak sekolah, datang kembali
Dua atau tiga tahun lagi


Mmmm… lirik lagu yang satu ini dari Chrisye dengan judul Anak Sekolah. Bikin ingat masa SMA dulu sobeX. Memang benar, masa yang paling indah adalah masa SMA. Ups, kok jadi bernostalgia gini ya?


Ngomong-ngomong nostalgia nih. Sekarang ini memang kita membicarakan lagu-lagu lama atau dikenal juga dengan lagu nostalgia. Nah, sobeX suka nggak dengan lagu-lagu nostalgia? Yuk, kita lihat komentar sobeX.


“Aku suka banget lagu-lagu lama,” tutur Hidayat Eka Putra. Cowok hitam manis ini juga termasuk pengoleksi lagu-lagu lama era 70-an sampai 90-an. Wah, kalau dihitung-hitung bisa ratusan ya. “Penyanyi dulu itu sangat menghayati lagu yang apa adanya. Tanpa dipaksakan. Hasilnya pun juga enak didengar dan sangat menyentuh. Kalau dengar lagunya selalu terikat dengan perasaan,” ungkap mahasiswa manajemen UNP ini.


Nggak salah ya, lagu-lagu nostalgia juga banyak diminati. Baik para remaja maupun yang udah tua-tua. Katanya sih, kalau dengar lagu-lagu nostalgia mengingatkan masa lalu. Terus, bagaimana dengan lagu-lagu yang hits sekarang ya? “Walaupun begitu, lagu-lagu sekarang juga bagus. Sayangnya, lagu sekarang ini nggak terlalu melekat dalam memori kita. Paling booming dua bulan udah lenyap. Kalau lagu lama itu selalu melegenda,”aku cowok yang akrab dipanggil Eka ini.


Eka, saking suka banget dengan lagu-lagu lama. Sampai-sampai ia hafal beberapa lagu nostalgia. Seperti lagu yang dibawakan Ratih Purnawasih, Lola Drakel, Rinto Harahao, Pance F Pondaag, Ebit G Ade, Trio Ambisi, dan lain sebagainya. “Aku suka banget dengan lagu mereka, pernah lagu-lagu mereka aku tembangkan di pentas-pentas pernikahan,” aku Eka sambil tertawa.


Wah…keren… Cowok yang satu ini memang penggemar lagu nostalgia lho. “Kalau dengar lagu-lagu nostalgia sering aku ikuti. Seperti lagu demi kau dan si buah hati, masih seperti yang lalu, benci tapi rindu dan dibatas kota ini. Makanya aku jadi hafal lagu-lagu mereka,” ungkap Eka.


Senada dengan Eka ada Cherli Aulia Adeno. “Aku lumayan suka dengar lagu-lagu nostalgia. Hehe.. tapi nggak semuanya. Paling suka banget dengan lagu nostalgia itu mamaku,” aku cherli. Cewek manis ini mengatakan ia adalah penggemar lagu-lagu nostalgia yang dibawakan Nike Ardila. “Enak aja rasanya dengar lagu-lagunya. Lirik lagunya puitis dan benar-benar mendalam. Bikin jiwa tenang deh,” ungkap mahasiswi komunikasi penyiaran Islam IAIN Imam Bonjol Padang ini.


Walaupun banyak nih sobeX yang suka lagu-lagu nostalgia, namun, pantauan Xpresi nih ada juga yang nggak suka lagu-lagu nostalgia. Seperti Elsa Susanty. Ia mengaku nggak suka dengar lagu-lagu nostalgia. Tapi suka dengan lagu-lagu yang hits sekarang. Bolehlah ya, masing-masing kita pasti ada selera tersendiri


Tentang lagu-lagu. Ada yang suka, suka-suka, bahkan ada yang nggak suka. Yuk kita lihat komentar Elsa yang juga mahasiswi Poltekes Padang ini. “Karena aku nggak suka aja. Sebab lagu nostalgia itu irama lagu yang mendayu-dayu gitu. Makanya aku lebih suka dengan lagu-lagu yang lagi hits sekarang ini. Liriknya sesuai dengan selera remaja,”Aku Elsa.


Patut dicap jempol juga lho sobeX. Lagu-lagu nostalgia masih eksis dalam hati penggemarnya sebagai lagu kenangan. Selain itu, lagu nostalgia juga telah mengukir sejarah perkembangan lagu-lagu di negeri ini. (deva)

BERITA TERKAIT

KOMENTAR BERITA